Connect with us

Elektoral

Yenny Wahid Ingatkan Petinggi NU Jangan Gegabah Minta Jatah Menteri

JARRAK.ID

Published

on

Yenny Wahid (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid meminta para petinggi Nahdlatul Ulama (NU) untuk hati-hati dalam menyampaikan pernyataan yang berpotensi disalahpahami masyarakat, jika seolah-olah NU menuntut jatah kursi menteri dari Presiden Joko Widodo.

Dia menegaskan, jika pada akhirnya Presiden Jokowi menunjuk kader NU sebagai menteri, maka hal itu bagian dari representasi sebagian besar umat Islam di Indonesia.

“Tapi saya juga mengimbau pada petinggi-petinggi NU untuk tidak terjebak pada retorika seolah-seolah dipahami kita (NU) menuntut kursi kabinet dan sebagainya,” ujar Yenny seusai menghadiri Peringatan Hari Bhayangkara ke 73 di Monas, Jakarta Pusat, Rabu, (10/07/2019).

Menurut Yenny, tanggung jawab NU memang membangun sinergitas dengan pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas keumatan.

“Ketika ada kritik pun kritik yang membangun. Artinya siapapun pemerintahnya, NU harus mampu bekerja sama dan mampu menjaga jarak yang sehat. Jadi, NU sesuai khitah, NU tidak boleh berpolitik praktis,” ujarnya.

Dengan kata lain, Yenny mengimbau kepada petinggi NU untuk menghindari asumsi bahwa NU seolah-olah menuntut kursi kabinet atau ada kursi yang dialokasikan untuk NU.

“Jadi tidak demikian. Bahwa kita berharap aspirasi warga NU didengar oleh pemerintah, ya pasti. Tetapi tidak kemudian dengan cara bagi-bagi kursi, seolah-olah menuntut kursi, tidak seperti itu,” tandasnya.

Baca Juga:  Tak Percaya Hasil Survei, Fadli Zon Sebut Prabowo Akan Bernasib Seperti Donald Trump

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer