Connect with us

Politik

Yasonna Ikut-Ikutan Bela Wiranto Soal Penundaan Proses Hukum Calon Kepala Daerah

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyatakan bahwa koleganya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto tak bermaksud mengintervensi KPK terkait imbauan penundaan proses hukum tersangka korupsi calon kepala daerah.

“Pak Wiranto itu kan tidak bermaksud untuk menghalangi kewenangan hak daripada institusi lain, hanya untuk mencegah kegaduhan-kegaduhan saja,” kata Yasonna, di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (15/03/2018).

Meski demikian, Yasonna mengatakan proses penetapan tersangka korupsi yang dilakukan KPK tidak dapat diintervensi. Hal itu merupakan kewenangan KPK dalam melakukan proses hukum.

“KPK itu punya hak untuk menetapkan siapa saja jadi tersangka. Menko Polhukam hanya mengimbau, mencegah kegaduhan politik saja,” ujar Yasonna.

Namun, Yasonna tidak sependapat dengan usulan KPK yang meminta agar Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait persoalan ini.

Menurut Yasonna dengan membuat Perppu maka ada potensi ketidakadilan bagi para calon kepala daerah yang terlanjur sudah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di KPK.

“Biarlah ini menjadi dinamika. untuk mengeluarkan Perppu kan banyak aturan-aturannya. Kami mengkajilah sampai saat ini belum terpikir untuk itu,” kata Yasonna.

Sebelumnya, Wiranto mengimbau penundaan penetapan tersangka karena menyikapi pernyataan Ketua KPK Agus Rahardjo jajarannya mengumumkan beberapa nama kepala daerah calon tersangka pekan ini.

Hal itu guna mencegah timbulnya tuduhan-tuduhan kepada KPK bahwa lembaga antirasuah itu masuk ke ranah politik di tengah proses pilkada serentak 2018.

Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini akhirnya menegaskan hal itu hanya berupa imbauan dan bukan paksaan sehingga sepenuhnya menjadi kewenangan KPK.

Baca Juga:  Ini Tujuh Partai yang Usung Jokowi Selain PDIP

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer