Connect with us

Daerah

WOW! Setahun, Sampah Plastik di Jakarta Tembus 300 Juta Lembar

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang merancang Peraturan Gubernur (Pergub) soal pembatasan penggunaan kantong plastik dalam rangka mengurangi jumlah sampah plastik di ibu kota.

Salah satu cara yang akan digunakan adalah meminta tempat perbelanjaan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Plastik selain tidak mudah terurai juga jumlahnya banyak,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Rahmawati, Kamis, (03/01/2018).

Menurut Rahmawati, rata-rata sampah di DKI seberat 2,5 juta ton per tahun. Sebanyak 357.000 ton di antaranya adalah sampah plastik.

Khusus kantong plastik, warga Ibu Kota menyumbang 1.900 sampai 2.400 ton per tahun. Jumlah itu setara dengan 240-300 juta lembar kantong plastik.

Selain itu kata Sukmawati, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya sebagian besar responden sepakat soal pembatasan penggunaan kantong plastik.

“Hampir 80 persen setuju untuk pembatasan, bersedia membawa kantong sendiri,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji sebelumnya mengatakan draf pergub pembatasan penggunaan kantong plastik sudah diserahkan kepada Anies.

Ia berharap draft pergub sudah di meja Anies dan segera diteken sehingga segera bisa dilaksanakan.

“Sudah tinggal nunggu tanda tangan doang nih. Enggak ada kendala,” kata Isnawa saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara, pada Rabu, (02/01/2018).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer