WISATA EDUKATIF : DOSEN FS UNIVERSITAS NEGERI MALANG MENGEMBANGKAN PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS QR-CODE SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ALAM BUMI PERKEMAHAN BEDENGAN DESA SELOREJO, KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR

2 min read

Jawa Timur, Jarrak.id | Sektor wisata merupakan salah satu sektor implementasi industri kreatif guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Di Indonesia sektor wisata yang ada begitu banyak sehingga akan timbul persaingan agar tempat wisata yang ada dapat tetap bertahan.

Inovasi dan kreatifitas masyarakat perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan serta tidak bosan berkunjung. Desa Selorejo, Kabupaten Malang memiliki lokasi wisata berupa Bumi Perkemahan Bedengan.

Kondisi alam pegunungan yang indah serta udara yang segar menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata untuk melepaskan jenuh dari kegiatan sehari-hari.

Tim pengabdian yang terdiri dari Andy Pramono, Muhammad N. Wibisono, Emil Salamah, melihat potensi banyaknya pengunjung dari kalangan anak-anak dan remaja hal ini yang menjadikan salah satu potensi yang akan diangkat sebagai wudud implementasi permainan sebagai daya tarik wisata di Bumi Perkemahan Bedengan.

Tujuan tim pengabdian adalah membantu memberikan inovasi dan pendampingan penyiapan wahana permainan berbasis QR Code dengan memanfaatkan potensi pengunjung yang ada untuk dapat bermain bersama dalam suatu wahana permainan edukatif.

Kegiatan pertama dari pendampingan tersebut tentunya adalah pendampingan penyiapan wahana permainan edukasi berbasis QRCode yang dikembangkan dari permainan kata dengan pemanfaatan teknologi QR Code dan fungsi penterjemah QRCode pada perangkat smartphone.

Hal ini menjadikan suatu terobosan baru serta sebagai daya tarik baru di Bumi Perkemahan Bedengan.Kegiatan kedua adalah pelatihan tentang penyiapan konten permainan agar selalu berubah menjadikan permainan edukasi tidak monoton.

Wahana Edukasi QR Code mendapatkan antusias para pengunjung Bumi Perkemahan Bedengan. Kegiatan ini juga mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat sekitar sehingga dengan kolaborasi bersama masyarakat sekitar kegiatan pengabdian berjalan lancar.

Semoga dengan adanya Wahana Edukasi QRCode menambah nilai kewirausahaan dan pengembangan kebermanfaatan teknologi bagi pemuda desa di selorejo, pungkas Andy selaku ketua pengabdian.

Editor: GR/Sarjana