Connect with us

Bisnis

Wah, PNS Boleh Pakai Mobil Dinas dan Dapat Kenaikan Gaji

JARRAK.ID

Published

on

Illustrasi/Net

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur mengatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperbolehkan menggunakan mobil dinas mereka  untuk mudik lebaran 2018. Menurut Asman, sudah ada revisi atas ketentuan sebelumnya tentang penggunaan fasilitas dinas dan akan segera disahkan.

“Saya sedang susun aturannya. Pokoknya sebelum Lebaran (aturan) keluar,” terang Asman di sela-sela Musrenbang Nasional di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, (30/4/2018) kemarin.

Asman menyampaikan, ketentuan sekadar mengatur penggunaan mobil dinas sebagai fasilitas para PNS. Di luar itu, biaya operasional penggunaannya tidak akan ditanggung negara.

“Semua (biaya bensin, perawatan), ditanggung sendiri, tidak boleh dibebankan ke kantor. Kan mobil itu melekat sama pribadinya,” kata Asman.

Meski begitu, Asman belum menjelaskan jenis kendaraan dinas yang boleh dipakai mudik. Dia mengatakan sedang menyusun aturan resmi yang mengatur hal itu.

Respon KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperingatkan pemerintah berhati-hati dalam menyusun aturan yang membolehkan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik lebaran.

“Kami harap penyusunan aturan itu bisa dilakukan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip dasar penggunaan aset negara,” sebut Juru bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya pada Senin (30/4/2018).

Menurut Febri, meski bahan bakar dan perawatan kendaraan dibiayai pribadi, namun kendaraan dinas tetap milik negara. Pemerintah, tambah Febri, perlu secara jelas memisahkan barang milik pribadi dan milik negara.

Soal pemisahan antara aset kekayaan pribadi dan negara, kata Febri, sangat penting agar fasilitas negara tidak dipakai untuk kepentingan pribadi. “Jadi harus sangat hati-hati dalam merumuskan aturan itu,” pungkas Febri.

Kenaikan Gaji

Diperbolehkannya kendaraan dinas dipakai untuk mudik Lebaran semakin menambah panjang deretan fasilitas yang diberikan kepada PNS di dalam negeri.

Baca Juga:  Indonesia-Singapura Sepakat Kerjasama Vokasi Industri

Sebelumnya pemerintah berencana menaikkan gaji PNS pada 2019. Padahal, pada 2015 PNS mengalami kenaikan gaji sebesar 6%.

Meski begitu, diperbolehkannya penggunaan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran bertolak belakang dengan kebijakan Kemen terian Perhubungan (Kemenhub) yang justru menyaran kan masyarakat menggunakan kendaraan umum.

Hal ini dilakukan guna mengurangi kepadatan lalu lintas yang berakibat berkurangnya kenyamanan saat berlibur. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui pemerintah gencar menyosialisasikan penggunaan angkutan umum untuk mudik Lebaran.

Selain itu, untuk mendukung mudik yang nyaman dan aman, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan armada mudik gratis dengan moda bus, kereta api, dan kapal laut.

Bagi PNS, kabar gembira lain adalah rencana kenaikan tunjangan hari raya (THR) lebih tinggi dengan formula gaji pokok plus tunjangan kinerja. Kebijakan sebelumnya, THR PNS hanya satu kali gaji pokok.

Terkait libur Lebaran, tahun ini PNS boleh mengambil cuti Lebaran di luar libur cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer