Connect with us

Daerah

Unik, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran hari Ini

JARRAK.ID

Published

on

Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah lebaran Idul Fitri hari ini, Rabu, 13 Juni 2018 (Doc. Net)

BOGOR – JARRAK.ID – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2018 jatuh pada hari ini, Rabu (13/6/2018). Meski demikian, pemerintah sendiri masih akan menggelar sidang isbat besok untuk menentukan 1 Syawal 1439 H.

Shalat Id salah satunya dilaksanakan di Rumah Ibadah Suluh Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/6) pagi tadi. Mereka genapkan puasa 30 hari.

Nazir Majelis Dzikir Darussalam Al -Kholidiyah, Syekh Muda Maulana Syarif Alam, mengungkapkan, berdasarkan hasil penghitungan pergantian bulan menggunakan metode Hisab Qomariyah, mereka bersepakat bahwa 1 Syawal jatuh pada hari ini.

“Jadi metode untuk menentukan tanggal itu kan ada dua. Pertama, hisab; dan kedua, hilal. Kita itu menggunakan metode hisab, metode hisab kamariah,” ujarnya di Majelis Darussalam, Rabu (13/6/2018), dilansir detikcom.

“Dan, berdasarkan hisab kamariah, tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah menggenapkan puasa selama 30 hari itu kemarin dan insyaallah tanggal 1 Syawal itu hari ini,” imbuh dia.

Selain itu, menurut Maulana, ada tiga lokasi lain yang menjadi pusat kegiatan salat Idul Fitri untuk Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah di Indonesia. Namun, khusus di Pulau Jawa, salat Id dipusatkan di Bogor.

“Jadi ada tiga tempat yang menjadi pusat pelaksanaan salat id untuk Tarekat Naqsabandiyah. Pertama, di Sumatera Utara, kemudian di Kepulauan Riau, lalu di Pulau Jawa, yang dipusatkan di Bogor,” ungkapnya.

Maulana menuturkan, selain di Bogor, jamaah Tarekat Naqsabandiyah menggelar shalat Id di Padang. Salat id itu bertempat di Musala Baitul Makmur, Pauh, Padang, Sumatera Barat, Rabu (13/6/2018).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer