Connect with us

Daerah

Tito Diminta Turun Tangan untuk Atasi Simpatisan PDIP yang Bikin Ulah di Bogor

JARRAK.ID

Published

on

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Lembaga Bantuan Hukum Pers meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk turun tangan menyelesaikan masalah kasus kekerasan oleh simpatisan PDIP terhadap Kantor Radar Bogor beberapa waktu lalu.

LBH menilai tindakan premanisme yang dilakukan oleh kader PDIP Bogor masuk dalam pelanggaran hukum, bahkan dapat dikategorikan perbuatan pidana yang sangat mengancam demokrasi dan kebebasan pers di Indonesia.

“PDIP sebagai organisasi politik terdidik seharusnya memberikan contoh yang baik dalam menyelesaikan sengketa dengan media, bukan malah menggunakan cara-cara melanggar hukum yang justru mencederai nilai-nilai juang partai atau visi misi PDIP,” jelas Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Pers PersNawawi Baharudin dalam keterangan resminya, Kamis, (31/05/2018).

Menurut Nawawi, aksi pengrusakan terhadap kantor media cetak di Bogor itu merupakan tindak pidana yang dapat dikenakan dengan berbagai pasal.

Harus Diusut Tuntas

Dirinya juga menuntut Tito Karnavian untuk segera memerintahkan anggotanya mengusut tuntas peristiwa tindakan menghambat atau menghalangi kegiatan jurnaistik, penggerudukan, penganiayaan dan juga pengrusakan kantor yang dilakukan oleh orang yang mengatasnamakan diri dari PDIP, tanpa harus menunggu pelaporan atau pengaduan dari pihak korban. Ditambahnya, ia juga menginginkan kader PDIP diberikan sanksi terberat.

Nawawi juga meminta Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo untuk proaktif berkomunikasi dengan pihak kepolisian dalam hal mendesak pengusutan lebih lanjut dari tindakan penggerudukan dan kekerasan terhadap Radar Bogor.

Hal ini sesuai dengan mandatnya dalam Pasal 15 UU Pers “Dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, dibentuk Dewan Pers yang independen.”

Baca Juga:  Pesta Sabu Bersama Tiga Rekannya, Polisi Ciduk Kadus Tanodung Daya Guluk-Guluk Sumenep

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer