Connect with us

Other

Tips Mencegah Kerusakan Mata Akibat Cahaya Ponsel

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Perkembangan teknologi yang melahirkan telepon pintar (smart phone) ternyata tidak selamanya berdampak positif bagi kehidupan manusia. Pesatnya perkembangan telepon pintar salah satunya punya dampak buruk bagi kesehatan manusia terutama mata.

Kebanyakan orang selama ini tak menyadari bahwa kebiasaan terlalu lama menatap ponsel terutama menjelang tidur punya implikasi negatif terhadap penglihatan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universias Toledo di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa cahaya biru dari ponsel dapat menyebabkan kebutaan.

Studi tersebut menemukan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan sinyal otak. Bahaya semakin mengancam ketika reaksi kimia beracun itu membunuh fotoreseptor mata dan tidak dapat dipulihkan sampai mati.

Oleh karena itu ancaman bahaya tersebut harus segera dicegah dengan setidaknya melakukan sejumlah cara berikut.

1. Istirahatkan mata sejenak

Kebanyakan kita seringkali menatap layar ponsel dengan intensitas waktu yang relatif lama sehingga tak jarang mata menjadi lelah. Oleh karena itu maka mulai saat ini anda harus membiasakan untuk sesekali berhenti menatap layar ponsel paling tidak dengan durasi setiap 20 menit sekali. Luangkanlah waktu sekitar 20 detik untuk melihat ke sekeliling dan istirahatkan sejenak mata anda.

2. Lebih sering berkedip

Ketika menatap layar ponsel maka anda akan secara otomatis akan terfokus pada ponsel anda sehingga intensitas kedipan pun ikut menurun. Namun tahukah anda bahwa hal tersebut dapat membuat mata anda mengering, perih dan bahka iritasi. Maka sesering mungkin anda harus berkedip agar mata anda tidak kering. Lakukanlah kedipan setidaknya 10 kali setiap 20 menit.

3. Turunkan cahaya

Tingkat kecerahan yang tajam pada sebuah ponsel dapat menjadikan mata lebih cepat merasa lelah. Meski saat ini sejumlah ponsel pintar telah dilengkapi dengan fitur kecerahan otomatis, anda tetap disarankan untuk mengatur pencahayaan sehingga mata anda merasa nyaman. Selain itu anda bisa menggunakan kaca pelapis anti silau pada layar ponsel anda.

Baca Juga:  Empat Pengakuan Pelaku Bom Bunuh Diri yang Tega Habisi Orang Tidak Berdosa

4. Beri jarak antara mata dan ponsel

Selanjutnya jangan melihat layar ponsel anda terlalu dekat dengan mata. Usahakan ketika anda melihat layar ponsel berilah jarak setidaknya 40 senti meter dari mata anda agar cahaya biru pada ponsel tak merusak mata anda.

5. Matikan ponsel sebelum tidur

Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru juga dapat mempengaruhi tidur dengan menekan produksi hormon melatonin. Hormon ini memainkan peran kunci dalam pengaturan siklus tidur. Jadi, matikan ponsel 30 menit sebelum tidur.

6. Atur kecerahan dan kontras layar

Sebagaimana sudah disinggung di awal, penggunaan kecerahan cahaya ponsel yang terlalu tajam akan membuat mata anda mudah lelah. Maka aturlah pencahayaan ponsel anda senyaman mungkin agar mata anda terlindungi.

7. Percikkan mata dengan air

Terakhir, anda dapat memanfaatkan percikan air atau bisa mencuci muka agar mata anda yang lelah dapat kembali basah dan tak mengering. Hal ini juga akan dapat mengurangi risiko terjadinya penglihatan mata yang buram dan iritasi. Fokus anda juga akan kembali dengan menggunakan air untuk dipercikkan atau untuk anda buat mencucui muka. Demikian dilansir Boldsky.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer