Connect with us

Other

Tips Ampuh Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja di Bulan Suci Ramadhan

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Salah satu tantangan terberat yang kini tengah dihadapi saat bulan Ramadhan selain menahan haus, lapar, dan emosi adalah mengusir rasa mengantuk saat bekerja. Memang puasa sering membuat orang menjadi lebih ngantuk. Namun hal ini bisa diatasi dengan cepat, lho. Caranya?

Berikut lima cara sederhana untuk mengusir rasa kantuk dan mengembalikan energi di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa, dilansir dari Okezone.com.

1. Berjalan kecil di sekitar kantor

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Thayer, seorang profesor dari California State University menemukan bahwa seseorang akan terhindar dari rasa kantuk dengan cara berjalan kecil di sekitar atau ruangan kantor.

Cara ini sangat ampuh untuk menjaga kesegaran tubuh, terutama bagi mereka yang bekerja di depan layar komputer hingga berjam-jam lamanya. Robert mengatakan, berjalan kecil di sekitaran kantor dapat memompa oksigen dalam pembuluh darah, otak, dan otot, sehingga Anda akan terhindar dari rasa kantuk.

2. Istirahatkan mata

Menatap layar komputer dan gadget dalam waktu yang cukup lama diklaim dapat memicu rasa kantuk dan kelelahan. Berpalinglah dari layar selama beberapa menit secara berkala untuk mengistirahatan mata Anda.

3. Berbincang dengan teman kantor

Bila Anda sudah benar-benar merasa kantuk, ajaklah teman kantor untuk berbincang tentang berbagsi topik menarik seperti ide bisnis, politik, atau bahkan agama. Krakow selaku medical director of Maimonides Sleep Arts and Sciences mengatakan, ketika seseorang membicarakan politik ia cenderung terhindar dari rasa kantuk karena topik ini memicu terjadinya stimulator perilaku yang kuat.

4. Nyalakan lampu

Perlu Anda ketahui bahwa lingkungan tempat yang dihiasi cahaya redup justru dapat menambah rasa lelah. Penelitian telah membuktikan, paparan cahaya terang dapat mengurangi rasa kantuk dan menigkatkan kewaspadaan. Jadi jangan ragu meningkatkan intensitas sumber cahaya di tempat kerja Anda.

Baca Juga:  Ini Profil Eni Saragih, Anggota DPR Fraksi Golkar yang Terjaring OTT KPK di Rumah Dinas Mensos

5. Tarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam dipercaya dapat meningkatkan kadar oksigen darah di dalam tubuh. Dengan demikian, detak jantung akan melambat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan pada akhirnya memberikan Anda energi baru untuk beraktivitas saat puasa Ramadhan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer