Connect with us

Other

Tips Agar Tubuh Tetap Sehat saat Merayakan Malam Tahun Baru

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Malam tahun baru menjadi malam yang paling dinanti bagi setiap orang. Pasalnya, di malam itu, orang-orang menyambut dengan menggelar pesta, pengajian, bahkan ada sebagian dengan membakar ikan.

Selain dijadikan sebagai momentum untuk berkumpul bersama keluarga. Malam pergantian tahun menjadi malam harapan baru untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Ada beberapa tips agar tubuh tetap sehat setelah kita merayakan malam tahun baru.

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah bisa membantu agar tubuh anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
Buah potong atau salad buah misalnya, bisa menjadi opsi hidangan untuk malam tahun baru.

Selain menyegarkan tubuh setelah banyak mengkonsumi camilan dan daging-dagingan. Buah juga dapat membantu memperlancar pencernaan anda setelah makan banyak.

2. Jangan makan berlebihan

Terkadang saat merayakan malam tahun baru kita suka lupa dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Padahal perayaan malam tahun baru bukanlah ajang untuk lomba makan berlebih-lebihan.

Karena hal ini dapat berdampak kepada kesehatan diri kita.

3. Hindari daging yang berlemak

Belum pas rasanya jika pesta tahun baru tidak melakukan pesta barbeque, bakar-bakar ayam atau sate. Nah, jangan lupa untuk memilih daging sapi atau daging kambing yang bebas lemak.

Selain daging-dagingan, anda juga dapat memilih ikan sebagai alternative penganti daging. Hanya bermodalkan bumbu sederhana seperti kecap manis, garam, dan jeruk nipis saja ikan bakar siap disantap pada saat malam tahun baru.

4. Hindari camilan asin

Selain minuman dan makanan dengan kadar gula berlebih, sebaiknya anda juga menghindari mengkonsumsi camilan asin seperti kepirik yang kerap disajikan pada saat pesta tahun baru.

Baca Juga:  Ingat, Menu Makan Malam ini Tak Baik untuk Kesehatan

Meski terasa lezat, jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan masalah kesehatan, karena keripik mengandung monosodium glumat yang bisa memicu tekanan darah naik.

5. Hindari minuman dengan pemanis buatan

Pada saat merayakan malam tahun baru baiknya anda lebih selektif dalam hal memilih minuman. Karena jika anda mengkonsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi seperti softdrink hal ini bisa menumpuk kalori menjadi lemak dan dapat memicu obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan.

Apalagi jika sudah tersedia minuman beralkohol, lebih baik anda batasi konsumsi kedua minuman tersebut agar perut tidak kembung.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Tubuh yang kurang istirahat akan lebih cepat terserang penyakit. Oleh karena itu pastikan anda istirahat yang cukup sebelum memutuskan bedagang pada malam tahun baru.

Menyiapkan kondisi tubuh untuk bedagang ada baiknya dilakukan sejak makan sebelumnya. Dan akan lebih baik kalau anda tidur siang terlebih dahulu sebelum begadang.

7. Perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak minum air putih untuk menetralisir racun tubuh dan sebagai detoksifikasi alami. Jadi, pastikan anda tetap terhidrasi dengan menjaga kecukupan cairan, selain itu dengan mengkonsumsi banyak air akan membut kulit kita tetap segar.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer