Connect with us

Berita

Tindak Indonesia Akan Membawa Rekaman Nego Anggaran Singkawang Kepada Gubernur

JARRAK.ID

Published

on

Jarrak.id | Koordinator lembaga Tindak (Tim Investigasi Dan Analisis Korupsi Indonesia) mendapatkan kiriman video rekaman pembicaraan negosiasi anggaran Pokir yang di duga pembicaraan antara Walikota dengan beberapa Oknum Anggota Dewan Kota Singkawang yang berdurasi kurang lebih 25 menit.

Menurut Koordinator Lembaga Tindak Indonesia dari rekaman yang di dengar tersebut diduga adanya permintaan dari sejumlah oknum Anggota Dewan kepada Walikota Singkawang dengan tujuan tertentu (kepentingan politik).

Walaupun semua pembicaraan tersebut belum berbentuk atau berwujud namun sudah terjadinya perencanaan jahat yang jelas sudah mengarah pada indikasi pelanggaran UU Tipikor Jo KUHP tentang Kejahatan dalam Jabatan.Mengingat percakapan tersebut sudah jelas arah dan tujuannya .

Dengan demikian menurut Yayat Darmawi, SE. MH. dari perspektif yuridis maka sudah dapat di simpulkan bahwa telah terjadinya pelanggaran hukum dalam hal Persekongkolan, Grativikasi dan Suap.

Selain itu menurut Yayat Darmawi, SE. MH. selaku koordinator Tindak Indonesia , kepada infokalbar mengatakan ,perlu di uji secara Yuridis yang di padu serasikan dengan wajar tidaknya atau boleh tidaknya Walikota melakukan negosiasi Anggaran Pokir (Pokok – Pokok Pikiran) dengan sejumlah oknum Anggota Dewan.

Apabila disesuaikan dengan kehendak Undang Undang dalam hal ini juga, koordinator lembaga Tindak Indonesia juga akan membawa rekaman tersebut ke Gubernur karena ada nama Gubernur yang disebutkan terkait dengan institusi KPK.

Bahkan Koordinator Lembaga Tindak Indonesia menilai serius masalah rekaman negosiasi tersebut dan mesti dituntaskan secara hukum agar dapat memberikan efek jera yang sesungguhnya bagi para calon – calon koruptor dengan memanfaatkan jabatan untuk kepentingan yang memperkaya diri sendiri ataupun orang lain.

Sementara sampai berita ini dirilis, beberapa oknum anggota Dewan yang diduga melakukan pembicaraan dalam rekaman, juga Walikota sebagaimana yang disampaikan Tindak Indonesia belum dapat dikomfirmasi.

Editor : GR

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer