Connect with us

Elektoral

Timses Prabowo-Sandiaga Uno Usulkan Gaji Guru Sebesar Rp20 Juta

JARRAK.ID

Published

on

Mardani Ali Sera (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera mengusulkan agar gaji guru di Indonesia dinaikkan menjadi Rp20 juta.

Menurut Mardani, hal ini dimaksudkan untuk mengdongkrak kualitas pendidikan di Indonesia. Jika pemerintah menyediakan gaji sebesar Rp20 juta, ia yakin akan banyak guru di penjuru dunia yang berlomba-lomba melamar menjadi guru.

“Lalu untuk kepala sekolahnya disiapkan dari kita (Indonesia),” kata Mardani di Jakarta, Selasa, (20/11/2018).

Mardani mengatakan, menaikkan gaji guru menjadi pilihan satu-satunya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan gaji sebesar itu, pemerintah bisa leluasa dalam melakukan seleksi terhadap para calon guru.

“Karena itu perbaikan utama mau tidak mau gaji guru dinaikkan menjadi Rp20 juta, diseleksi dengan baik gurunya,” kata Mardani.

Bandingkan Dengan Jepang

Ia membandingkan kualitas kedisiplinan murid di Jepang yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan murid di Indonesia. Misalnya, kata Mardani, murid di Jepang sudah terbiasa untuk bangun pagi, merapikan tempat tidur, mengatur jam belajar, hingga tidur tepat waktu.

“Jadi tidak lagi dibangunin disuruh sholat susah” imbuh Mardani.

Alokasi pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 masih sama seperti tahun 2018, yakni 20 persen dari total belanja pemerintah yang mencapai Rp2.461 triliun. Artinya, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp492 untuk pendidikan

Dana itu dibagi untuk dua hal, yakni sebanyak Rp308 triliun akan disebar ke berbagai daerah. Sementara, sisanya akan diberikan ke beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) yang melaksanakan program pendidikan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer