Connect with us

Bisnis

Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Lebaran 2019 Turun Sampai 31 Persen

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pemudik yang menggunakan transportasi udara tahun ini mengalami penurunan yang begiti drastis sampai 31% dibandingkan tahun sebelumnya, karena dipicu oleh mahalnya tiket pesawat.

Dari data per tanggal 10 Juni pukul 13.00 WIB, jumlah pemudik baik saat arus mudik dan saat arus balik dari H-7 hingga H+4 Lebaran dengan menggunakan pesawat mencapai  2.665.389 orang. Padahal pada periode yang sama 2018 lalu, jumlah penumpang pesawat mencapai angka 3.899.278.

“Iya pasti (penurunan karena harga meningkat),” kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin, (10/06/2019).

Selain itu, hal tersebut juga diakibatkan karena sedikitnya angkutan udara yang beroperasi di hari menjelang dan setelah lebaran.

“Penyebabnya tentu adanya pengurangan jumlah pesawat (yang beroperasi). Jumlah pesawat itu banyak sekali, kalau saja jumlah pesawat itu ditambah, (penurunan penumpang) tidak sebanyak itu,” kata Budi.

Budi mengatakan sebagai ganti pesawat, pemudik memilih moda transportasi lain. Pergeseran pilihan tersebut tercermin dari peningkatan jumlah penumpang kereta dan bus selama musim mudik dan balik Lebaran. Untuk pemudik dengan kereta, jumlahnya meningkat 9,4 hingga 9,5 persen pada musim mudik dan balik lebaran tahun ini. Sementara itu, untuk moda transportasi bus meningkat di kisaran  10 hingga 15 persen.

“Jadi semuanya sudah naik tapi dari tiga jalur tadi. Kereta api, dan bus naik,” kata dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer