Connect with us

Politik

Tersangka Korupsi Menang Pilkada, KPK: Masyarakat Masih ‘Sayang’ Pada Pencuri Uang Rakyat

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Satu tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga calon petahana dalam Pilkada Kabupaten Tulungagung 2018, Syahri Mulyo dinyatakan menang dalam penghitungan surat suara yang dilakukan oleh KPU setempat.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegaskan bahwa pihaknya menghormati pilihan masyarakat Tulungagung. Kendati demikian, Saut mengatakan kemenangan Syahri Mulyo menunjukkan sikap masyarakat yang mudah memaafkan penyelenggara negara terlibat korupsi.

“Bisa jadi rakyat kita pemaaf dan yang dimaafkan bisa jadi mungkin bakal lebih baik (setiap orang punya pintu atau jendela kebaikannya),” ujar Saut di Jakarta, Jumat, (29/06/2018).

Menurut Saut, kemenangan Syahri Mulyo pada sisi lain juga menunjukkan bahwa pemberantasan korupsi yang masif dilakukan KPK sama sekali tidak bermuatan politik sebagaimana sering dituduhkan oleh berbagai pihak.

“Yang namanya suara rakyat itu suara Tuhan, itu dalam politik begitu, jadi rakyat kalau sudah menentukan pilihannya harus dihargai,” ujarnya. Dia pun menambahkan, kemenangan Syahri merupakan bukti jika KPK tidak terlibat dalam konflik politik. Penetapan tersangka atas Syahri ternyata tidak memengaruhi hasil perolehan suaranya di Tulungagung.

“Ternyata dia terpilih kok, jadi ini saya katakan berkinerja saja tidak cukup,” tutur Saut.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer