TERPOPULER: KAHMI Deklarasi Anies Maju Capres, Ternyata Ini Faktanya

2 min read

JAKARTA – JARRAK.ID – Tersiar undangan deklarasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon preisden pada Pilpres 2019 mendatang oleh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Menanggapi hal tersebut, Anies menampik kebenaran undangan KAHMi itu. Menurut Anies, informasi yang tersebar melalui undangan itu bohong. Anies menyebut pembuatnya sangat kejam.

“Itu hoax itu dan menurut saya yang membuat itu kejam,” ungkap Anies di RS Islam Jakarta Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Karena itu, Anies meminta agar masyarakat tidak menerima informasi yang faktanya belum jelas dan valid. Anies berharap masyarakat bisa mengkritisi informasi tersebut yang bertebaran di media sosial.

“Semuanya kritis aja pada informasi, itu hoax,” kata Anies.

Sebelumnya, undangan mengatasnamakan KAHMI beredar di wartawan. Dalam undangan tersebut berisi deklarasi untuk mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden 2019.

Dalam undangan tersebut yang ditemia, Rabu (11/7/2018), deklarasi akan dilakukan di Bale Agung Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Juli 2018. Bahkan, undangan tersebut tertulis nama Presidium KAHMI Siti Zuhro dan Sekjen KAHMI Manimbang Kahariady.

“Nggak benar itu, HMI tidak pernah berpolitik praktis. HMI berpolitik moral. Jadi tidak benar undangan itu,” ujar Siti, dilansir detikcom.

Tidak hanya itu, Siti lalu menunjukkan undangan dari KAHMI yang sebenarnya. Tempat acara dalam undangan yang dikirim Siti sama yakni di Balai Kota DKI Jakarta.

Meski begitu, acara yang sebenarnya adalah silaturahmi dan halal bihalal HMI. Tak tertulis bahwa di acara itu akan ada deklarasi dukungan untuk Anies.