Connect with us

Other

Ternyata Makan Cokelat Bisa Sembuhkan Batuk, Begini Penjelasannya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang nyaris disukai oleh semua kalangan. Tapi ternyata selain itu, cokelat ternyata juga bisa menyembuhkan atau meresakan penyakit batuk.

Dikutip Himedik dari Popsugar, studi ilmiah yang diterbitkan di jurnal BMJ Open pada Januari 2017 menyebut tim dari University of Hull di Yorkshire, Inggris, berhasil menemukan manfaat redakan batuk yang dimiliki cokelat.

Tim secara acak meresepkan 163 pasien yang mencari perawatan medis untuk batuk dua obat: kodein reguler atau CS1002, yang merupakan obat batuk bebas resep dengan basis kakao.

Mereka kemudian diminta untuk meminum obat mereka selama empat kali dalam sehari, dan mencatat gejala apa saja yang mereka alami.

Para peneliti akhirnya menemukan bahwa CS1002 dikaitkan dengan pengurangan frekuensi batuk yang lebih besar, gangguan tidur, dan peningkatan status kesehatan dibandingkan dengan kodein.

Tania Elliott, MD, instruktur klinis kedokteran di NYU Langone Health, mengatakan bahwa apa yang ia lakukan bukan studi atau riset pertama tentang cokelat.

Bahkan kata dia, cokelat hitam juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

“Para peneliti telah meneliti kualitas pereda batuk theobromine, bahan khusus untuk dark chocolate, selama bertahun-tahun. Cokelat hitam juga dikenal sebagai antioksidan. Jadi apa pun yang akan menenangkan sistem kekebalan adalah hal yang baik,” jelas Dr. Elliott

Dr. Elliott menjelaskan, biji kakao dalam bentuk cair melapisi dan menenangkan tenggorokan seperti madu. Beberapa peneliti menyarankan untuk menghisap sepotong cokelat hitam untuk meredakan batuk.

Elliott juga mengatakan pelepasan lambat bisa menenangkan, meskipun Anda juga tidak boleh mengharapkan hasil yang ajaib.

“Jangan membelinya terlalu banyak. Ini tidak akan membuat gejala flu dan batukmu hilang lebih cepat. Namun kamu juga tidak salah jika membelinya,” tandas dia.

Baca Juga:  Inilah Dampak Buruk Sahur dengan Makanan Pedas

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer