Connect with us

Daerah

Terharu, Korban Tewas Ledakan Mercon di Malang Ternyata Tukang Cat

JARRAK.ID

Published

on

Ledakan mercon di Malang tewaskan 1 orang dan luluhlantakkan 3 bangunan rumah (Doc. Net)

MALANG – JARRAK.ID – Ledakan terjadi di rumah produksi mercon atau petasan di Dusun Krajan 1, RT 02 RW 01, Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, (27/5/2018) sekitar jam 08.00 wib pagi tadi..

Dalam peristiwa nahas itu, dikabarkan satu orang meninggal dunia dan satu lagi mengalami luka berat. Bahkan, insiden ledakan ini menmbumihanguskan tiga bangunan rumah.

Kapolsek Lawang, Kompol Gaguk Sulistyo Budi, mengungkapkan, korban ledakan petasan adalah Much Su’in (38), warga Dusun Krajan, Desa Srigading, Kecamatan Lawang. Dikabarkan, ledakan itu berasal dari bahan petasan.

“Dugaan sementara dari petasan itu. Pemilik rumah sekaligus yang produksi mercon Ali Maskur juga jadi korban, mengalami luka bakar dan saat ini dirawat di RSUD Lawang,” ungkap Gaguk.

Sumber ledakan diduga dari rumah yang sering digunakan untuk membuat peledak mercon. Rumah tersebut miliki Ali Maskur. Maskur, pemilik rumah produksi mercon itu, dikenal warga sekitar sebagai tukang produksi mercon.

Menurut tetangga sekitar, Maksur pernah ditahan dua kali karena memproduksi mercon. Ledakan dikarenakan percikan api yang mengenai mercon di rumah Maskur.

“Masih kami selidiki informasi dia pernah ditahan dua kali. Barang bukti yang kami amankan, satu selongsong mercon berdiameter 6,5 cm dan panjang 12,5 cm. Serta beberapa pecahan kaca,” kata Gaguk..

Insiden ledakan itu mengakibatkan tiga rumah mengalami rusak parah, genteng dan tembok warga yang berdekatan dengan rumah Ali Maskur juga mengalami kerusakan. Beberapa kaca warga sekitar juga pecah akibat getaran keras dari ledakan petasan itu.

“Jarak rumah saya cuma 10 meter. Saat itu saya tidur, terus ada ledakan keras satu kali. Tapi ledakannya besar kaca rumah saya juga pecah,” ungkap Bahrul Ulum tetangga Ali Maskur, seperti ditulis VIVA.

Korban meninggal akibat ledakan itu diketahui bekerja sebagai tukang cat. Saat itu, korban sedang mampir ke rumah Ali, sebab rumah yang dicat oleh korban berada di depan rumah milik Ali.

“Dia itu mau mengecat rumah. Tapi kok mampir dulu ke rumah Maskur. Terus meledak. Rumah yang dicat itu milik Ahmad Haris rumahnya di depan rumah Ali,” ujar Maryani, bibi korban.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer