Connect with us

Politik

Tentang Wacana KLB, Politikus Senior Demokrat: Merusak Tradisi Partai!

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Politikus senior Partai Demokrat, Yan Rizal Usman mengatakan bahwa wacana penggantian Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat melalui Kongres Luar Biasa (KLB) merusak tradisi partai.

Ia meminta semua kader sebaiknya fokus pada kongres biasa yang diprediksi akan dilaksanakan pada sekitar bulai Mei 2020 mendatang.

“SBY tidak boleh dijatuhkan sebagai Ketua Umum, walaupun Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan ditunjuk sebagai pengganti,” katanya kepada wartawan, Minggu, (16/06/2019).

Menurut dia, penggantian ketua umum melalui KLB akan melahirkan opini jika Partai Demokrat tidak demokratis dan memelihara politik dinasti. Sehingga hal itu akan menjadi jalan buntu bagi kader potensial untuk ambil peran dalam membesarkan Partai Demokrat.

“(Partai Demokrat membutuhkan) Tokoh yang membuat kader di daerah bangga dan senang hati menerimanya, bukan yang memberatkan atau bahkan menyulitkan,” jelasnya.

Sebelumnya, senior Partai Demokrat yang tergabung dalam Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD)  seperti Max Supacoa, Ahmad Mubarok, Ahmad Jaya dan Ishak mengkritisi kondisi internal Demokrat dan mendorong DPP Partai Demokrat menggelar Kongres Luar Biasa paling lambat pada 9 September 2019.

Salah satu yang dikritisinya adalah hasil Pemilu Legislatif 2019, Demokrat memperoleh suara 7,7 persen, meskipun lolos ambang batas parlemen namun perolehan tersebut menempatkan Demokrat di posisi urutan terendah sejak Partai Demokrat menjadi peserta Pemilu 2004.

Terkait kondisi ini, GMPPD menilai diperlukan adanya introspeksi dan evaluasi menyeluruh untuk kemudian bersama seluruh potensi dan kader untuk membangkitkan semangat dan langkah bersama mengembalikan marwah dan kejayaan Partai Demokrat.

Baca Juga:  Marak Penolakan #2019GantiPresiden, Demokrat: Era SBY Pendemo Dilindungi Sekalipun Hina Presiden

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer