Connect with us

Politik

Telan Ludah Sendiri, Presiden Lantik Komjen Iwan Bule Jadi Pj Gubernur Jabar

JARRAK.ID

Published

on

Komjen Pol Mochamad Iriawan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Perwira Tinggi Polri, Komjen Pol Mochamad Iriawan, resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan. Seperti diketahui, masa jabatan Heryawan sebagai Gubernur Jawa Barat habis pada 13 Juni 2018 lalu.

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional itu ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mengisi kekosongan jabatan selama berlangsungnya pemilihan gubernur Jawa Barat 2018.

Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, ditunjuk melalui Keputusan Presiden Indonesia Nomor 106/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian Dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan Tahun 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Diberitakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Iwan Bule sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Gedung Merdeka Bandung, Senin (18/6/2018).

“Sebelum saya mengambil sumpah jabatan, apakah saudara Komjen Pol Mochammad Iriawan bersedia dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat,” kata Mendagri Tjahjo kepada Iriawan di atas mimbar Gedung Merdeka Bandung, dilansir dari suara.com.

“Siap,” jawab Iriawan yang mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih.

Turut hadir juga dalam pelantikan tersebut Gubernur Jawa Barat dua periode 2008-2013 dan 2013-2018 Ahmad Heryawan dan Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, serta kepala OPD di lingkungan Pemprov Jawa Barat.

Jadi Polemik

Pengangkatan jenderal Polri menjadi Pj Gubernur sempat menjadi polemik hagat di kancah politik nasional, pada Februari 2018 lalu. Menurut pemerintah, Jabar memiliki tingkat kerawanan saat pilgub berlangsung. Karena itu, diperlukan Pj Gubernur dari pihak Polri.

Meski akhirnya, pemerintah membatalkan wacana itu karena menuai banyak kritikan dari elite nasional dan publik. Bahkan, waktu itu, Menko Polhukam Wiranto mengaku akan mencarikan solusi untuk mengisi kekosongan jabatan di Jabar.

“Bahwa aspirasi rakyat ditangkap pemerintah. Pemerintah mendengarkan aspirasi rakyat dan tahu kondisi seperti apa. Kalau sudah ada kebijakan yang nyata-nyata mengundang reaksi rakyat. Reaksi yang bener yah bukan yang ngawur, didengarkan, dan dilaksanakan,” ujar Wiranto di Jakarta, Selasa (20/2), dikutip kumparan.

Namun, secara mengejutkan, pemerintah akhirnya juga menunjuk jenderal bintang tiga Polri untuk menjadi Pj Gubernur Jabar, M. Iriawan. Mendagri Tjahjo Kumolo telah menyodorkan beberapa nama kepada Presiden Jokowi, tetapi mantan Wali Kota Solo itu memilih Iwan Bule.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer