Connect with us

Politik

Tegas, PAN Tolak Al Quran Jadi Barang Bukti Tindak Pidana Terorisme

JARRAK.ID

Published

on

Politikus Partai Amanat Nasional, Saleh Partaonan Daulay (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay menegaskan partainya menolak Al Quran dijadikan barang bukti kasus tindak pidana terorisme.

Menurut Saleh, Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang sangat dimuliakan. Sehingga wajar jika setiap rumah orang muslim diyakini pasti memiliki Al Quran.

Jika dipaksakan, Saleh khawatir akan memicu perbedaan tafsir dan berpotensi melahirkan konflik sosial karena umat Islam merasa kitab yang diagungkan menjadi barang bukti kasus terorisme.

“Jangan sampai setiap orang yang memiliki Alquran malah dicurigai sebagai teroris. Itu berbahaya sekali dan potensial menimbulkan kegelisahan,” ujar Saleh saat ‎dihubungi, Sabtu, (19/05/2018).

Wakil Ketua Komisi IX DPR ini menambahkan, aksi teror tidak ada hubungannya dengan agama apapun. Bahkan semua agama mengutuk aksi teror. Sehingga Saleh menegaskan aksi teror adalah kejahatan kemanusiaan yang dibungkus dengan agama.

Islam Tolak Terorisme

Menurut Saleh, bagi umat Islam tindakan terorisme itu sangat merugikan. Sebab, secara faktual umat Islam mengecam dan membenci terorisme dan menginginkan kedamaian dan ketentraman.

“Nah, mencinta perdamaian dan meningkatkan persaudaraan antar sesama adalah ajaran Islam. Ini adalah ajaran dan tuntunan Alquran. Mana mungkin kitab suci yang mengajarkan perdamaian seperti itu jadi barang bukti kejahatan,” tegas Saleh.‎

Terkait adanya hal ini, Mabes Polri melakukan penelusuran atas informasi tersebut. Hasilnya, bisa dipastikan tidak ada Alquran yang masuk dalam daftar alat bukti kasus terorisme.

Kepastian itu disampaikan oleh Karopenmas Divhumas Polri Brigjen M. Iqbal, Sabtu, (19/05/2018). Dia menuturkan bahwa penyidik Densus 88 Antiteror juga umat Muslim. Maka, sangat janggal bila ada isu yang menuding Densus 88 menjadikan Alquran sebagai Barang bukti. “Kadensusnya itu, ke masjidnya kuat,” tutur Iqbal.

Baca Juga:  Jokowi Pamer Foto Tito Karnavian ke Relawannya, Ini Kata Polri

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer