Connect with us

Politik

Tak Terima Jagoanya Kandas di Jabar, Jateng dan Jatim, Prabowo Bakal Ajukan Gugatan

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID Pasca kekalahan Pilkada yang terjadi di 3 Provinsi besar di Pulau Jawa, Prabowo Subianto berencana akan melayangkan gugatan. Menurut hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan calon dalam Pilkada Jabar, Jateng dan Jatim yang diusung Gerindra bersama koalisinya tak ada satupun yang mampu memenangi Pilgub.

Sejumlah lembaga survei yang melakukan hitung cepat pada Pilkada lalu mencatat bahwa pasangan Ajat-Syaikhu yang diusung Gerindra kandas dengan Emil-Uu di Jabar. Sementara untuk Jateng pasangan Sudirman-Ida yang diusung Gerindra, PKS, PAN dan PKB pun dengan mudah ditumbangkan oleh Ganjar-Yasin. Tak hanya itu, Jatim juga menyumbang kekalahan Gerindra setelah jagoannya Gus Ipul-Puti ditenggelamkan oleh suara Khofifah-Emil Dardak.

Gugatan yang mungkin saja benar-benar akan dilayangkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu didasarkan atas sejumlah laporan dugaan kecurangan yang terjadi di 3 Provinsi besar itu.

“Kami siap mengambil langkah-langkah untuk menggugat seandainya pengumuman menyatakan calon-calon kami kalah,” kata Prabowo di rumahnya, di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, (07/07/2018).

Sejumlah laporan kecurangan yang sempat disinggung oleh Prabowo misalnya ketidakjelasan DPT dan adanya intervensi dari kalangan tertentu pada Pilgub Jabar. Sementara itu menurut Prabowo, Sudirman Said juga malapor adanya kejanggalan 3,7 juta DPT di Jawa Tengah.

Terkait hal itu, Prabowo telah menyiapkan sejumlah langkah untuk meneliti kebenaran laporan tersebut hingga membentuk tim hukum. Namun Prabowo menegaskan meski ia menggugat hasil Pilkada di 3 provinsi itu, ia mengaku tetap mengedapankan prinsip kedamaian dan persatuan.

“Tapi juga dengan ketegasan, kami tidak mau terus-menerus dipermainkan,” tandas mantan Danjen Kopassus itu.

Baca Juga:  Mendagri Mengaku Kesulitan Cegah Kepala Daerah untuk Korupsi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer