Connect with us

Daerah

Tak Terbukti Korupsi, Mahkamah Agung Lepas Bupati Sarolangun Jambi

JARRAK.ID

Published

on

Gedung Mahkamah Agung (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mahkamah Agung (MA) resmi membebaskan terdakwa korupsi sekaligus mantan Bupati Sorulangun, Jambi, M Fadel.

Sebelumnya ia menjadi terdakwa kasus korupsi pembangunan rumah bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berdasarkan dakwaan jaksa, kasus bermula saat M Madel menerbitkan SK Bupati Nomor : 334 Tahun 2002 tentang Penetapan Besarnya Kredit tanah milik Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Tanah milik Pemkab itu akan dipakai untuk pembangunan rumah PNS senilai Rp 5 ribu/meter persegi dengan tanah seluas 259.868 meter persegi sehingga Pemkab mendapatkan pemasukan Rp 12,9 miliar.

Namun demikian, pelepasan tanah itu ternyata bermasalah. Hingga 31 Desember 2005, jumlah pembayaran dengan cara angsuran yang dilakukan PNS peserta kredit hanya sebesar Rp 37 juta. Jaksa yang melihat celah itu kemudian mendudukkan M Madel dkk ke kursi terdakwa.

Kemudian pada 20 Desember 2019 jaksa menuntut Fadel 2,5 tahun penjara.

Kendati itu, Pengadilan Negeri Jambi membebaskan M Fadel dari segala tuntutan. PN Jambi beralasan bahwa perbuatan M Fadel bukan tindak pidana korupsi.

Jaksa kemudian mengajuka Kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Namun Kasasi tersebut ditolak MA.

Duduk sebagai ketua majelis Andi Samsan Nganro dengan hakim anggota M Askin dan Abdul Latief. Adapun sebagai panitera pengganti yaitu Ekova Rahayu Avianti. Dengan ditolaknya kasasi jaksa tersebut, maka putusan PN Jambi telah berkekuatan hukum tetap.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer