Connect with us

Politik

Tak Seperti Jabar, Pj Gubernur Sumatera Utara Dari Kalangan Sipil

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo (Doc. Net)

BANDUNG – JARRAK.ID – Setelah kemarin penunjukan Komjen Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar menuai polemik, kini giliran Sumatera Utara yang menjadi perhatian.

Menurut Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri Soni Sumarsono untuk Provinsi Sumatera Utara sudah  ada beberapa nama yang diajukan sebagai penjabat Gubernur guna menggantikan kekosongan kursi yang ditinggalkan gubernur sebelumnya.

Bahkan menurut Soni, Presiden Jokowi sudah menandatangani Kepres tentang penunjukan Pj Gubernur Sumut dan tinggal menunggu waktu pelantikan saja.

“Sudah ada SK-nya, tinggal melantik saja. Melantiknya tanggal 22 Juni 2018, jam 12.00 WIB. Saya gak tahu siapa yang disetujui,” kata dia di Bandung, Selasa, (19/06/2018).

Soni menambahkan, saat ini yang pasti sudah ada tiga nama yang diajukan ke presiden, namun Dirinya enggan merinci nama-nama yang dimaksud. Tetapi Soni memastikan bahwa ketiga nama tersebut semuanya berasal dari kalangan sipil dan merupakan orang di internal Kemendagri.

“Ada tiga nama, agak lupa-lupa ingat saya. Yang jelas, saya jamin bahwa di Sumut itu tiga-tiganya dari sipil, internal Kementerian Dalam Negeri,” kata dia meyakinkan.

Sinyal bahwa Penjabat Gubernur Sumatera Utara berasal dari kalangan sipil juga disampaikan Mendagri, Tjahjo Kumolo. Meski demikian, Tjahjo enggan mengungkap dengan jelas perihal siapa yang akan ditunjuk.

“Tunggu nantilah. Yang penting dia pejabat di pemerintahan yang ada. Nanti, lihat saja nanti. Saya gak mau mendahului. Saya tunggu Kepresnya dulu,” kata dia.

Tjahjo rencananya akan melantik penjabat gubernur Sumatera Utara pada 22 Juni 2018 mendatang. “Tanggal 22 Juni pelantikan, pencoblosan tanggal 27 Juni, kamu bisa apa, yang penting melayani masyarakat, tata kelola pemerintahan bisa berjalan dengan baik,” tandas Tjahjo.

Baca Juga:  Setuju Pernyataan Prabowo, JK Benarkan Banyak Anggaran Negara Bocor

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer