Connect with us

Politik

Tak Ingin Jadi Penonton, Demokrat Tegaskan Bakal Memihak Pada Pilpres 2019

JARRAK.ID

Published

on

Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Hitung-hitungan soal koalisi sampai saat ini masih terus dilakukan oleh sejumlah partai politik jelang Pilpres 2019. Ada beberapa parpol yang sudah mantap kembali bersama kubu Jokowi, ada yang masih setia dengan kubu Prabowo, namun ada pula yang masih bimbang akan berlabuh kemana, salah satunya Partai Demokrat.

Seperti diketahui, partai besutan mantan presiden SBY ini pada Pilpres 2014 yang lalu berada pada kubu yang netral tak memihak Prabowo maupun Jokowi.

Seakan tidak ingin mengulangi catatan pada Pilpres 2014 lalu, kini jelang Pilpres 2019 Partai Demokrat dengan tegas akan memihak salah satu kubu baik Prabowo maupun Jokowi. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

“Sudah diputuskan Pak SBY, Demokrat tidak akan seperti yang lalu,” kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan pada Kamis, (12/07/2018).

Terkait hal itu, Hinca menyebutkan jika nantinya Demokrat punya tiga opsi dalam menyikapi Pilpres 2019 yang tinggal sebentar lagi. Pertama menurut Hinca, Demokrat bakal mempertimbangkan opsi untuk berlabuh bersama petahana Joko Widodo.

Kedua, jika nantinya mayoritas suara partai tak menghendaki Demokrat bergabung bersama koalisi Jokowi, maka opsi selanjutnya adalah merapat bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dibarisan koalisi oposisi. Jika bukan dua-duanya itu yang dipilih Demokrat nantinya, maka Partai besutan SBY itu akan membangun poros ketiga.

“Apakah ke Jokowi, apakah ke Prabowo, apakah ke bukan Jokowi dan bukan Prabowo. Kami tetap akan mendukung salah satu calon,” tegas Hinca.

Sampai saat ini, Hinca mengaku kalau partainya belum memiliki kecenderungan untuk bergabung dengan pihak koalisi manapun. Hal itu karena berbagai lobi-lobi dan komunikasi politik masih terus dilakukan oleh Demokrat.

Baca Juga:  Demokrat: Hanya di Era Jokowi Hukum Digunakan untuk Bungkam Rakyat Kritis Pemerintah

Terakhir Demokrat juga dikabarkan bertemu dengan Golkar untuk menjajaki kemungkinan merapat dengan kubu pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

Dipihak lain ada Gerindra dan PKS yang juga berharap besar pada Demokrat agar partai yang menjagokan nama AHY sebagai Capres itu mau merapat bersama barisan koalisi oposisi dalam gelaran Pilpres 2019 nanti.

“Semua akan kami timbang-timbang,” tandas Hinca.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer