Connect with us

Other

Tak Ingin Berat Badan Naik Saat Puasa, Hindari Makanan Ini

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menjalankan puasa Ramadhan bukan berarti Anda terbebas dari risiko kenaikan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena pemilihan makanan yang kurang tepat seperti memiliki kalori yang tinggi. Selain itu, keinginan makan apapun saat berbuka puasa juga memicu berat badan naik.

Dilansir dari cosmopolitan.co.id, agar tak mengalami kenaikan berat badan saat puasa, sebaiknya Anda menghindari berbagai makanan berikut.

1. Makanan Bersantan

Banyak hidangan saat bulan puasa yang mengandung santan seperti kolak, kue basah, hingga menu utama seperti soto atau gulai. Mengonsumsi santan secara berlebih bisa membuat berat badan meningkat selama puasa. Sebab santan mengandung kalori serta lemak yang tinggi, sehingga tidak jarang membuat pencernaan terganggu.

2. Gorengan

Gorengan atau makanan yang digoreng menyumbang lemak dan kalori yang besar bagi tubuh. Penggunaan tepung yang ada di gorengan juga semakin menambah asupan karbohidrat bagi tubuh. Makanan yang digoreng dalam temperatur tinggi pun umumnya mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan. Sering mengonsumsi makanan ini membuat berat badan rentan meningkat selama puasa.

3. Junk Food

Junk food sendiri umumnya diolah dengan cara deep fried sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Selain itu, junk food juga umumnya berisi produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut kamu buncit dan ususmu sulit mencernanya. Tak sampai di sana, junk food pun memengaruhi metabolisme dan kondisi perutmu secara keseluruhan.

4. Makanan yang Mengandung Tinggi Tepung

Makanan yang mengandung tinggi tepung menjadi salah satu makanan berikutnya yang bisa membuat berat badan naik saat puasa. Jika tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung tepung.

Baca Juga:  Ini Tips Efektif Mencegah Bau Mulut Selama Melaksanakan Puasa

5. Daging Olahan

Daging olahan seperti bacon, sosis, dan ham berpotensi membuat berat badan naik. Hal ini disebabkan daging olahan mengandung kadar garam yang tinggi. Kandungan garam yang berlebihan dalam makanan memicu tubuh menumpuk cairan. Karena pada dasarnya garam memiliki kemampuan menahan air di dalam tubuh. Selain itu daging olahan juga mengandung lemak dan gula yang juga memicu bertambahnya berat badan saat puasa Ramadhan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer