Connect with us

Daerah

Tahun Depan, Jokowi Akan Kucurkan Anggaran Rp12 Triliun untuk Papua dan Papua Barat

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Joko Widodo akan mengucurkan anggaran bagi daerah yang berstatus otonomi khusus, termasuk Papua dan Papua Barat. Untuk dua daerah ini, Presiden Jokowi akan memberikan anggaran sebesar Rp12,6 di tahun 2019.

Dikutip dari laman resmi Setkab, hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 129 Tahun 2018 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019 yang telah ditandatangani oleh Jokowi pada 29 November lalu.

Anggaran untuk Provinsi Papua dan Papua Barat terdiri dari dana otonomi khusus (otsus) sebesar Rp8,34 triliun dan dana tambahan infrastruktur dalam rangka otsus sebesar Rp4,26 triliun.

Secara rinci, dana otsus untuk Papua sebesar Rp5,85 trilun dan Papua Barat sebesar Rp2,51 trilun. Sedangkan dana tambahan infrastruktur untuk Papua sebesar Rp2,82 triliun dan Papua Barat Rp1,44 triliun.

Selain untuk kedua provinsi di pulau paling timur Indonesia itu, Jokowi juga mengalolasikan dana otsus untuk Provinsi Aceh sebesar Rp8,34 triliun dan dana keistimewaan untuk provinsi Yogyakarta sebesar Rp1,5 triliun.

Dana yang dialokasikan bagi provinsi-provinsi itu merupakan bagian dari dana transfer ke daerah, termasuk dana desa, yang dialokasikan dalam APBN 2019 sebesar Rp826,772 triliun.

Peraturan presiden tersebut mulai berlaku pada tanggal diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 30 November 2018.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer