Connect with us

Elektoral

Survei The Initiative Institute: Romahurmuziy Ketum Partai Paling Ideal Dampingi Jokowi

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sebuah survei dilakukan oleh The Initiative Institute terkait sosok cawapres ideal bagi Jokowi. Survei tersebut berusaha mencari tahu soal pertanyaan apa yang diinginkan para elit terkait sosok cawapres terutama untuk mendampingi Jokowi selaku petahana.

Nama Romahurmuzy, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi cawapres ideal yang dinilai memenuhi sejumlah kriteria dalam survei tersebut. Romy dianggap sosok yang tepat untuk menjadi cawapres dari kalangan partai politik

“Dari sekian parpol koalisi, Rommy dinilai paling memenuhi kriteria untuk mendampingi Jokowi pada periode kedua 2019-2024,” kata CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi di Jakarta, Minggu, (15/07/2018).

Adapun metode survei tersebut dilakukan dengan menggunakan pemilihan sampel secara purposive. Responden yang dipilih adalah mereka yang paham tentang kebijakan dan sosok cawapres atau tokoh yang akan dinilai. Sehingga para responden dipilih dari kalangan akademisi, jurnalis, aktivis LSM, hingga kalangan profesional. Waktu pelaksanaan survei bertajuk “whats the elite wants” ini dilakukan pada tanggal 10-15 Juli 2018.

Hasil survei ini sebenarnya mengagetkan. Pasalnya, menurut Airlangga nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto merupakan sosok ketua partai ideal untuk menempati cawapres Jokowi.

Namun sayang kenyataannya Prabowo berada dibarisan oposisi dan sudah dideklarasikan bakal menjadi penantang Jokowi di 2019 mendatang. Sehingga dibawah Jokowi menyisakan nama Ketua Umum PPP Romahurmuzy sebagai sosok cawapres ideal dari kalangan ketum Parpol untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 nanti.

Sosok Romy dalam survei itu secara mengejutkan mampu megalahkan nama-nama beken seperti Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Nasdem Surya Paloh, dan juga Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu, Airlangga yang juga dosen Unair Surabaya itu menuturkan jika nama Romy dinilai mampu mewakili kalangan pemilih usia muda. Selain Romy nama AHY dan juga Anies menjadi alternatif lain sebagai cawapres ideal bagi kalangan pemilih muda.

Baca Juga:  PKS Setuju Djoko Santoso Sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi

Sosok Romy pun nyatanya masuk dalam daftar cawapres berlatar belakang Islam yang dianggap ideal. Ia bersama-sama dengan nama-nama beken seperti Mahfud MD dan TGB Zainul Majdi di tiga besar tokoh cawapres berlatarbelakang Islam.

Jika dibuat sebuah kesimpulan, Romy unggul dalam berbagai aspek penilain terkait sosok cawapres ideal pendamping Jokowi. Romy sebagai ketua partai, tokoh muda, dan berlatar belakang Islam dianggap ideal menempati posisi cawapres. Hal itu dibuktikan dengan unggulnya Romy dalam semua kriteria tersebut.

Tak hanya itu saja, nama Romy selama ini juga cukup dikenal dikalangan NU. Ia pun relatif bisa diterima karena merupakan cicit dari tokoh pendiri NU yaitu KH Wahab Hasbullah. Dari segi usia, Romy pun saat ini masih terbilang cukup muda dengan usia belum genap 45 tahun.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer