Connect with us

Politik

Survei LSI: Sri Mulyani Hingga Susi Pudjiastuti Masuk Bursa Kandidat Cawapres

JARRAK.ID

Published

on

Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Lembaga survei mulai merilis sejumlah nama-nama cawapres potensial untuk menjadi rekan duet Jokowi. Salah satunya adalah Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. LSI sempat melakukan survei soal siapa sosok yang berpotensi untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

LSI dalam melakukan survei tersebut menggunakan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan juga kualitatif dalam bentuk penilaian ahli atau yang lebih dikenal expert judgement.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh LSI Denny JA, muncul sejumlah 5 nama kandidat Cawapres yang bakal berpotensi untuk menjadi rekan duet Jokowi yang kemungkinan besar akan kembali berduel dengan Prabowo Subianto.

Kelima nama yang dimaksud adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Kelima nama ini tidak ‘diranking’ karena punya peluang yang sama dan mewakili spektrum yang berbeda,” kata Direktur LSI Denny JA, Adjie Al-Farabi pada konferensi pers di kantornya, Selasa, (10/07/2018).

Melalui expert judgement, para pakar politik yang mewakili tiga zona wilayah yaitu Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur itu diminta untuk menilai kelayakan para cawapres yang dimasukan namanya dalam survei.

Survei yang dilakukan juga menghasilkan keunggulan Airlangga Hartarto sebagai cawapres teratas pilihan publik agar kuat di parlemen. Airlangga mendapatkan suara responden sejumlah 35,70% suara. Selain Airlangga, nama Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin muncul di urutan kedua dengan penilaian responden sebesar 21,5% dan Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy dibawah Cak Imin dengan raihan suara sebesar 16%.

“Salah satu faktor yang menyebabkan Airlangga Hartarto teratas karena statusnya sebagai ketua umum Partai Golkar, partai pemenang kedua pemilihan legislatif 2014,” kata Adjie.

Baca Juga:  Prabowo Puji Soeharto: Beliau Berkali-kali Selamatkan Indonesia dari Krisis

Dalam survei LSI tersebut juga ditanyakan soal cawapres ideal Jokowi dengan latar belakang Ekonomi, Agama, dan juga hukum.

Dalam hal ekonomi, survei menunjukkan nama Sri Mulyani sebagai Cawapres pertama yang diinginkan publik dengan raihan suara sebesar 32,5%. Selain Sri, nama Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti juga muncul di urutan kedua dengan raihan suara responden sebesar 24,5%.

Survei LSI Denny JA dilaksanakan pada rentang waktu 28 Juni-5 Juli 2018 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Metode survei adalah multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error kurang lebih 2,9%. Survei dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer