Connect with us

Elektoral

Survei Alvara: Elektabilitas Jokowi Unggul Jauh dari Prabowo

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Lembaga survei Alvara Research kembali merilis hasir survei elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelang Pilpres 2019.

Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 19% dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada periode 11-24 Desember 2018 dengan metode multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka (face-to-face interview) kepada 1.200 responden terpilih dari 34 provinsi di Indonesia.

“Elektabilitas pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pada bulan Desember 2018 sebesar 54,3%, sementara elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 35,1%,” ujar Founder and CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangannya, Jumat, (11/01/2019).

Jika dibandingkan pada survei sebelumnya, elektabilitas kedua pasangan sama-sama mengalami kenaikan, sekalipun jika diakumulasikan pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dari Prabowo-Sandi.

Pada periode Oktober 2018, Jokowi-Ma’ruf berada di angka 54,1%, yang artinya mengalami kenaikan 0,2% pada periode Desember menjadi 54,3%.

Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga pada Desember mengalami kenaikan 1,2%, yang pada Oktober 2018 hanya mendapat angka 33,9%.

“Dibanding survei bulan Oktober 2018, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, keduanya mengalami kenaikan,” kata Hasanuddin.

Baca Juga:  Ini Skuad Lengkap Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer