Connect with us

Other

Supermoon Paling Terang dan Besar Terjadi Pada Februari 2019, Begini Cara Melihatnya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Istilah Supermoon mengacu pada kondisi bulan purnama saat berjarak dekat dengan bumi (perigee). Dari bumi, bulan akan berada di atas cakrawala sejak matahari terbenam sampai fajar tiba.

Saat Supermoon, bulan akan lebih cemerlang belasan persen dari bulan purnama biasa. Ukurannya pun terkesan membesar dengan kisaran kurang dari 10 persen. Dampak Supermoon umumnya dikaitkan dengan potensi pasang air laut secara maksimum.

Bulan purnama pada 19 Februari akan menjadi Supermoon paling terang dan terbesar pada 2019. Supermoon muncul sekitar 10 persen lebih besar dari biasanya. Supermoon yang dijuluki “Bulan Salju” akan tampak lebih besar dari biasanya karena akan lebih dekat dalam orbitnya ke Bumi daripada pada titik lain mana pun pada tahun 2019.

Nama Bulan Salju berasal dari hujan salju yang biasanya lebat di seluruh AS pada bulan Februari. Suku asli Amerika yang berbeda memiliki nama lain untuk Supermoon Februari. Cherokee menyebutnya sebagai “Bulan Tulang”, karena ia datang pada saat tahun ketika orang memiliki begitu sedikit makanan sehingga mereka terpaksa makan sup sumsum tulang, menurut Old Farmer’s Almanac.

Pengamat langit di daerah New Orleans akan dapat melihat bulan purnama bulan Februari di bulan purnama dan paling terang sekitar pukul 3 pagi pada tanggal 19 Februari.

Fenomena ini juga kadang-kadang disebut sebagai “ilusi bulan”, ilusi optik yang membuat Bulan tampak lebih besar di dekat cakrawala daripada di langit, menurut Space.com.

Dilansir dari Tempo, Avivah Yamani, penggiat astronomi dari komunitas Langit Selatan Bandung, mengatakan supermoon 19 Februari terjadi saat bulan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi.

Jarak terdekat bulan dengan bumi pada 19 Februari nanti lebih dekat dari sebelumnya. Rentangnya mencapai 356.761 km. Sementara pada Supermoon 21 Januari lalu, jarak terdekat bumi dengan bulan tercapai sehari setelahnya sejauh 357.342 kilometer.

Baca Juga:  Amien Rais Sebut Jokowi Rusak Negara, Ini Pembelaan PDIP

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer