Connect with us

Daerah

Suara Caleg Perindo di Pamekasan Banyak yang Raib, Ulah Oknum PPS dan PPK?

MUHAMMAD KAYYIS AR

Published

on

Caleg Perindo DPRD Jawa Timur Dapil Madura, Yudi Suhartono (Doc. JARRAK)

PAMEKASAN – JARRAK.ID – Perolehan suara Calon Legislatif (Caleg) dari Perindo nomor urut 2, Yudi Suhartono untuk DPRD Jawa Timur dari Daerah Pemilihan (Dapil) XIV Madura diduga banyak yang hilang.

Hal ini diduga akibat permainan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di beberapa daerah di wilayah Pamekasan, Madura.

Diduga oknum PPS dan PPK sengaja menghilangkan suara caleg kelahiran Pamekasan itu, guna memberikan ‘tempat’ kepada caleg dari partai lain untuk memperoleh kursi dari Dapil Madura.

“Tentu saja ini menciderai proses demokrasi dan mengebiri pelaksanaan Pemilu 2019 yang jujur-adil (Jurdil),” kata Yudi saat dikonfirmasi, Rabu, (24/04/2019).

Kendati demikian, Yudi mengaku peristiwa ini akan menjadi pelajaran bagi dirinya dan Perindo.

“Sebagai partai baru, memang sulit meruntuhkan dominasi partai lama. Karena kadang sekalipun perolehan suara kita besar, ada upaya untuk menghilangkan perolehan suara kita yang dilakukan secara sistematis oleh oknum PPS dan PPK,” tegas dia.

Selain yang dialami dirinya, Yudi juga mencontohkan potensi penghilangan suara yang juga dilakukan untuk Caleg Perindo untuk DPRD Pamekasan.

“Misalnya di Dapil V untuk DPRD Pamekasan, berdasarkan C1 salah satu kader Perindo memang diproyeksikan dapat kursi. Tetapi memang diduga ada upaya agar kader yang bersangkutan tidak dapat kursi. Makanya kita akan turunkan saksi untuk mengawasi proses penghitungan suara agar tidak terjadi kecurangan,” tandas Yudi.

Baca Juga:  BREAKING NEWS: Ahok Resmi Bebas dari Penjara

Berita Populer