Sosialisasi Kesadaran Bela Negara Kemenhan Ri di Konawe

2 min read

Jarrak.id | Jakarta 19 November 2020 Di daerah Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara. Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI), gelar sosialisasi Kesadaran Bela Negara , Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI DR.Jubei levianto di Kemhan Jakarta. mewakili Dirjen Pothan Kemhan.

Dengan Nara sumber Kolonel Arh. Luhkito, sebagai kasubdit lingkup Pemukiman ( Lingkim). Mewakli BNPT RI, Muh. CHairil Anwar, kepala departemen Pertahanan (Kadephan), bidang Pencegahan dan Deradikalisasi.

Sementara Pemda Konawe sendiri di Wakili oleh, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Konawe, Faisal Tarida, SH, dan Kadis Infokom Pemda Konawe, Nasrudin, SH.MH.

Acara sosialisasi ini di selenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 19 – 20 September 2020. Di lingkup pemukiman Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara dan di ikuti oleh 7 ormas .

Adapun ketujuh ormas yang mengikuti sosialisasi Kesadaran Bela Negara diantaranya , Kibar Konawe , PMI, Alumni Bela Negara, Purna Paskibraka Indonesia ( PPI), Karang Taruna Tunas Muda , Forum Bela Negara Republik Indonesia dan Majelis Dzikir Itthadul Ummat Muhammad

Dalam kesempatan ini menurut Ketua Tim Sosialisasi Kesadaran Bela Negara Letkol, Caj Drs. I Wayah Eka Sundawan, M.Si. dengan diselenggarakannya kegiatan kesadaran Bela Negara ini bertujuan untuk menanamkan rasa bela negara, menumbuhkan rasa cita tanah air. Sadar berbangsa dan bernegara. Memiliki keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi Negara dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan tanah air.

Menurutnya, bela negara pengertiannya adalah, sikap, perilaku, tekad, tindakan seluruh warga negara dalam upaya menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan segenap bangsa guna menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara , Batasan Bela negara itu sendiri terdapat dalam pasal 27 UUD 1945 , UU No.23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya Nasional.

Untuk penyelenggaraan sosialisasi direktorat Bela negara Kemenhan membagi 3 lingkup, pertama lingkup Pendidikan, Lingkup Pekerjaan dan lingkup Pemukiman.

Untuk Kabupaten Konawe sendiri di programkan kegiatan ini pada lingkup masyarakat pemukiman yang meliputi Ormas, organisasi pemuda, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh keagamaan, kedepannya ada juga untuk program pendidikan dan pekerjaan, ujar Letkol Caj. I Wayan Eka Sundawan.

Program kegiatan webinar ini dilaksanakan secara serentak, ada di Jambi, Sulra, Papua ini di Konawe untuk lingkup pemukiman .

dalam kegiatan sosialisasi kesadaran bela negara ini, juga diserahkan sarana kontak, Laptop dan alat olah raga, bola voley, net voley dan bola kaki , yang diharapkan akan sangat bermanfaat untuk kegiatan ormas tersebut.(K89)

Editor: GR