Connect with us

Politik

Soal Rilis 200 Mubalig, Giliran PKB Tuding Menteri Agama Gagal

JARRAK.ID

Published

on

Anggota DPR RI Fraksi PKS, KH Maman Imanulhaq (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Maman Imanulhaq turut angkat bicara perihal rilis 200 mubaliq atau penceramah oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dianggap layak mengisi acara keagamaan selama bulan Ramadhan.

Maman menilai, Kemenag selalu bekerja secara reaktif dan emosional sehingga kebijakan yang dikeluarkan tidak melalui serentetan pertimbangan apakah dapat memicu potensi perdebatan publik atau tidak.

“Saya sangat menyayangkan kinerja Kemenag yang tidak profesional. Rilis 200 mubalig itu dibuat dengan tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan faktor akurasi, profesionalisme dan realitas peneraan publik,” ucap Kiai Maman yang merupakan anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Maman juga menegaskan, seharusnya Kemenag mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam mengeluarkan keputusan apapun. Karena berkaitan dengan persoalan agama yang merupakan wilayah paling sensitif.

“Siapapun akan menyayangkan keputusan ini. Jadi tolong Kemenang segera evaluasi keputusan tersebut,” tandas calon Bupati Majalengka tersebut.

Diketahui, rilis ratusan penceramah tersebut diklaim Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk memenuhi permintaan masyarakat yang membutuhkan mubalig yang mampu menyampaikan dakwah dengan baik.

Nama-nama itu diumumkan berdasarkan tiga indikator utama. Yakni mereka memiliki kompetensi tinggi terhadap ajaran agama Islam. Kemudian punya pengalaman yang cukup dalam berceramah. Indikator ketiga, terbukti bahwa yang bersangkutan memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi.

Nah, Kiai Maman justru memandang, Menag Lukman dan jajaran adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas wabah ujaran kebencian dan munculnya dai-dai provokatif yang memunculkan radikalisme bahkan terorisme.

“Menteri Agama gagal mengantisipasi radikalisasi dari hulu,” pungkas Maman.

Baca Juga:  Ini Imbauan Kemenag Cegah Guru Berpaham Radikal

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer