Connect with us

Elektoral

Soal Pernyataan Amien Rais kepada Ketum Muhammadiyah, PAN: Beliau Hanya Sekedar Menasehati

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno menegaskan jika pernyataan Amien Rais kepada Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nathir sekedar untuk memberikan nasehat, supaya kader Muhammadiyah satu suara dalam memberikan dukungan di Pilpres 2019 mendatang.

“Pernyataan tersebut sebuah nasehat agar dalam hal ini kader-kader Muhammadiyah menetapkan hatinya ke salah satu pasangan calon, dan tidak dibiarkan kemudian kader-kader ini menentukan pilihan berdasarkan kebebasan hak pilih yang dimiliki,” tutur Eddy saat ditemui di Jalan Daksa I No. 10, Jakarta, Rabu malam, (22/11/2018).

Menurut Eddy, Amien juga tidak bermaksud memaksa Haedar agar tidak bebas memilih dengan mengatasnamakan Muhammadiyah sebagai organisasi. Melainkan permintaan agar memilih salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden disampaikan kepada kader Muhammadiyah secara perorangan.

“Bukan Muhammadiyah sebagai institusi,” kata Eddy.

Eddy menegaskan, Amien Rais berbicara mengenai hal itu dalam kapasitasnya sebagai salah satu tokoh Muhammadiyah. Namun Eddy enggan untuk berkomentar lebih lanjut.

“Karena saya dalam hal ini berbicara atas nama partai, bukan atas nama Muhammadiyah,” ujar Eddy.

Sebelumnya mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Amien Rais tidak sepakat dengan pernyataan Haedar Nashir yang membebaskan para kader Muhammadiyah memilih siapapun di Pilpres 2019 mendatang.

Amien mengaku akan memberikan peringatan dan teguran kepada Haedar Nashir jika tetap memaksakan kader Muhammadiyah bebas memilih pasangan tertentu di Pilpres 2019.

Amien Rais yang pernah menjabat sebagai Ketum Muhammadiyah menyebut bakal menegur Haedar Nasir jika tetap mengimbau warga Muhammadiyah untuk bebas memilih di Pilpres.

“Akan saya jewer keras nanti,” kata Amien saat menghadiri Peringatan Milad ke-106 Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Jawa Timur, Selasa, (20/11/2018).

Baca Juga:  Soal Maju Capres, Amien Akan Berikan Kejutan dalam Lima Hari ke Depan

“Ini tahun politik, jangan sampai Haedar Nasir mengatakan untuk Pilpres Muhammdiyah terserah masing-masing, menurut saya itu bukan fatwa, itu penyelewengan,” tegas Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut.

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer