Connect with us

Politik

Soal Dana Desa, Fahri: Prabowo Lebih Berjasa Dibandingkan Jokowi, Ini Buktinya

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto lebih berjasa soal Dana Desa (DD) dibandingkan Presiden Joko Widodo. Demikian disampaikan Fahri untuk pernyataan Mendagri Tjahjo Kumolo bahwa Dana Desa ada sejak Presiden Jokowi berkuasa.

“Itu salah (klaim Mendagri). Pak Jokowi justru tak terlibat dana desa. Mana yang berjasa apakah Pak Jokowi atau Pak Prabowo? Ya Pak Prabowo yang lebih berjasa,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, (22/02/2019).

Fahri kemudian bercerita, jika Prabowo meminta seluruh anggota Fraksi Gerindra di DPR untuk menyetujui UU Desa yang salah satunya mengatur soal Dana Desa. Bahkan kata dia, Prabowo kemudian menjanjikan akan mengalokasikan anggaran Rp1 miliar kepada setiap desa di Pilpres 2014 silam.

“Karena Pak Prabowo, pertama, dia termasuk promotor UU desa. Kedua, dalam pilpres lalu dia berjanji anggaran Rp1 miliar 1 desa,” kata dia.

Fahri menyatakan anggaran dana desa diimplementasikan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pidato nota keuangan tanggal 16 Agustus 2014 lalu.

“Anggaran desa pertama di cantumkan oleh SBY untuk tahun 2015 dalam pidato nota keuangan 16 agustus 2014, lalu pak prabowo mendukung pencatuman 9 triliun untuk alokasi dana desa,” kata dia.

Fahri menegaskan, selama perumusan Undang-Undang Desa di DPR, Jokowi sama sekali tidak punya akses dalam berhubungan dengan DPR. Pasalnya Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Nah pak Jokowi belum jadi apa-apa saat itu. Artinya dia belum berhubungan dengan DPR, dengan proses legislasi,” kata Fahri

Polemik dana desa ini kembali mengemuka setelah Mendagri Tjahjo Kumolo mengumpulkan ribuan perangkat desa. Tjahjo mengajak para kepala desa dan bamus desa untuk menyerukan nama ‘Jokowi’ jika ia meneriakkan ‘dana desa’. Hal itu terjadi dalam Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Gedung Ecopark Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu, (20/02/2019).

“Terima kasih Pak Jokowi. Tolong untuk kepala desa dan badan musyawarah desa berdiri. Kalau saya teriak dana desa, (balas dengan) Pak Jokowi,” kata Tjahjo.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer