Connect with us

Politik

Soal Aksi #2019GantiPresiden, Akbar Tandjung: Bukan Gerakan Terlarang!

JARRAK.ID

Published

on

Akbar Tandjung (Doc. Net)

JAKARTA -JARRAK.ID – Politisi senior Golkar, Akbar Tandjung ikut angkat bicara soal polemik gerakan #2019GantiPresiden. Ia menilai gerakan tersebut tidak tepat disebut sebagai gerakan terlarang. Sehingga kata Akbar, pihak aparat tidak ada alasan untuk menolak apalagi membubarkan secara fisik aksi tersebut.

“Kalau memang mekanismenya dalam sistem konstitusi kita diperbolehkan, kenapa tidak? Tapi kan pada instansi yang terakhir kan yang memilih adalah rakyat. Dalam konteks itu, menurut saya, tidak ada alasan aparat keamanan untuk melakukan langkah tindakan untuk menolak, apalagi melakukan gerakan secara fisik, karena kita kan negara demokrasi,” kata Akbar di Menara 165, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa, (28/08/2018).

Akbar lantas menyinggung soal pergantian presiden. Menurutnya, negara sudah mengatur dalam konstitusi bahwa setiap 5 tahun sekali dilakukan pergantian presiden. Oleh karena itu, Akbar mengajak masyarakat dapat menghargai ketentuan konstitusi.

“Negara demokrasi kan mekanisme penetapan presiden sudah diatur olah konstitusi. Jadi, kalau memang sudah waktunya, kita harus menghormati konstitusi kita, di mana pergantian presiden kita dilakukan secara periodik setiap 5 tahun sekali,” tuturnya.

Ia menambahkan, polemik #2019GantiPresiden seharusnya tidak perlu dibesar-besarkan. Hal itu menurut Akbar sesuatu yang normal dalam negara demokrasi. Menurutnya, siapa pun nantinya yang terpilih sebagai presiden, adalah pilihan rakyat. Termasuk jika rakyat menginginkan adanya pergantian presiden.

“Proses pergantian presiden itu bisa diartikan presiden yang sudah terpilih masih terpilih kembali, karena memang dimungkinkan sampai dua kali. Tapi, kalau memang masyarakat menghendaki presiden baru, ya tentu masyarakat memilih yang baru. Yang lama tidak lagi dipilih. Kita anggap itu sesuatu yang normal. Tidak usah kita besar-besarkan,” tandas Akbar.

Baca Juga:  Demi Jokowi Jadi Presiden Lagi, Golkar Pakai Jurus Ini

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer