Connect with us

Politik

Situs KPKOnline.com Diblokir Kominfo, Ini Penyebabnya

JARRAK.ID

Published

on

Illustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sebuah portal online bernama KPKOnline.com diblokir oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pemblokiran tersebut karena portal daring itu dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Benar, dalam proses (pemblokiran),” ujar Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu melalui rilis resminya yang diterima redaksi di Jakarta, Sabtu (9/9/2018).

Menurut Ferdinandus, ada laporan yang diterima Kominfo mengenai situs KPKOnline.com pada Sabtu (8/9) pukul 12.00 WIB. Tim Subdit Pengendalian Konten internet yang mengelola mesin pengais (crawling) konten negatif kemudian bergerak memverifikasi konten-konten pada situs tersebut.

“Informasi yang disampaikan dalam website tersebut menyerang individu atau tokoh tertentu dan KPK sudah mengklarifikasi tidak ada kaitan apa-apa,” kata Ferdinandus.

Selain itu, Ferdinandus menjelaskan, beredarnya sebuah foto karangan bunga dari Menkominfo yang memberikan selamat atas peluncuran PKTV dan situs KPKOnline.com di media sosial merupakan berita bohong.

Kominfo lalu membantah pernah menyampaikan pernyataan terkait peluncuran PKTV dan situs tersebut. Sementara itu, KPK juga menampik pernah diwawancarai pihak yang mengaku sebagai pengelola situs yang kini tidak dapat diakses tersebut.

Karena itu, KPK mengimbau kepada pejabat atau penyelenggara negara untuk segera melapor apabila terdapat pihak mengaku dari KPK dan menyampaikan janji untuk mengurus perkara dengan meminta sejumlah imbalan atau fasilitas.

Baca Juga:  Eni Saragih Sebut Sofyan Basir Terima Uang Suap PLTU Riau

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer