Connect with us

Politik

Sindir Jokowi, Prabowo: TNI Haram Hukumnya Ikut Berpolitik

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Prabowo Subianto meminta agar TNI jangan dijadikan alat politik penguasa. Menurut Prabowo, TNI adalah alat negara yang digunakan menjaga perdamaian dan kedaulatan bangsa.

“Tentara tidak boleh menjadi alat politik. Tentara adalah alat kebangsaan,” kata Prabowo dalam pidatonya saat membuka pembekalan nasional PAN di Jakarta, Minggu, (16/09/2018).

Menurut Prabowo, TNI dan Polri tidak boleh menjadi partisan politik. Karena dua institusi itu kata Prabowo, alat bangsa yang digunakan untuk kepentingan negara.

“Demikian juga polisi dan semua lembaga-lembaga pemerintahan menjadi alat bangsa dan negara. Bukan menjadi alat salah satu partisipan politik,” tutur Prabowo.

Prabowo tidak Indonesia kembali ke Orde Baru, dimana TNI waktu itu ikut campur dalam urusan politik.

Pada 1998 saat tuntutan reformasi, Prabowo bahkan mengklaim dirinya merupakan salah satu tentara yang berjuang untuk menghentikan keikutsertaan tentara dalam pemerintahan.

“Kami bekerja meyakinkan dari dalam bahwa tentara harus keluar dari politik, tentara harus menjadi milik rakyat. Kami di dalam sudah mulai komunikasi dengan tokoh sipil, karena itu hubungan saya dengan Amien Rais sudah berlangsung belasan tahun sebelum reformasi,” ucap Prabowo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mendapat kritik lantaran disebut membawa-bawa TNI dan Polri dalam berpolitik. Jokowi, yang juga bakal capres 2019, sempat mengajak anggota TNI dan Polri ikut melakukan sosialisasi pencapaian dan kinerja pemerintah.

“Saya titip agar seluruh perwira juga ikut disosialisasikan, ikut disampaikan pada momen-momen yang memang tepat untuk menyampaikan itu,” kata Jokowi dalam sambutan kepada Siswa Sesko TNI dan Peserta Sespimti Polri di Istana Negara, Kamis (23/08/2018) lalu.

Baca Juga:  Timses Prabowo Sebut Dana Kelurahan Jokowi Bentuk Penghinaan Terhadap Rakyat Indonesia

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer