Connect with us

Politik

Sidang Paripurna Sepi, Ketua DPR: Banyak Anggota Naik Haji

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengatakan bahwa banyak anggota DPR yang absen dalam sidang paripurna tahunan MPR, DPR, dan DPD 2018, akibat banyaknya anggota dewan yang sedang beribadah ke tanah suci.

“Ada banyak laporan yang kami terima, karena memang musim haji, rata-rata naik haji, rata-rata juga di daerah atau mendapat penugasan partai,” kata Bambang di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (16/08/2018).

Bambang mengklaim tidak mengetahui persis jumlah anggota dewan yang absen dalam sidang paripurna. Namun, pemandangan banyak kursi kosong tampak saat sidang menggelar tiga agenda sidang yang berlangsung.

Kendati demikian, Bambang menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing fraksi terkait pemberian sanksi bagi anggota DPR yang absen dalam sidang paripurna tersebut.

“Kita serahkan ke fraksinya untuk memberi sanksi sekeras-kerasnya dan seberat-beratnya,” katanya.

Sidang paripurna tahunan MPR, DPR dan DPD dihadiri Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla beserta para pejabat menteri kabinet kerja.

Dalam sidang ini, Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dan nota keuangan untuk Rancangan APBN 2019.

Pada agenda sidang paripurna pertama, Ketua MPR Zulkifli Hasan sebagai pemimpin sidang mencatat 453 dari 689 anggota MPR, DPR dan DPD yang hadir. Dalam arti lain, ada 235 anggota dewan tidak hadir dalam sidang paripurna pada tahun ini.

Baca Juga:  Kini Klaim Menang 54 Persen, Partai Demokrat ‘Ledek’ Prabowo

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer