Connect with us

Daerah

Setuju Pembentukan Dewan Pengawas, Untung Yoga: KPK Bukan Malaikat

JARRAK.ID

Published

on

Pembina Jaringan Reformasi Rakyat (JARRAK), Irjen Pol (Purn) I Ketut Untung Yoga Ana (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pembentukan Dewan Pengawas bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai sudah layak, dalam rangka mengontrol lembaga anti rasuah tersebut dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

“KPK isinya juga manusia, bukan malaikat. Karena isinya manusia maka perlu ada lembaga yang melaksanakan fungsi kontrol bagi pelaksanaan tugas dan wawenang KPK dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,” kata Pembina Jaringan Reformasi Rakyat (JARRAK), Irjen Pol (Purn) I Ketut Untung Yoga Anna, Jumat, (13/09/2019).

Menurut dia, lembaga negara apapun yang dibentuk oleh negara maka harus dan wajib tunduk kepada negara.

“Kalau tidak tunduk kepada negara, mau tunduk kepada siapa? Kepada negara asing?,” tanya dia.

Mantan Wakapolda Bali itu menegaskan, dalam alam demokrasi lembaga yang terlalu diberikan kewenangan mutlak tanpa ada pengawasan maka cenderung disalahgunakan.

“Tentang Dewan Pengawas adalah sesuatu yang wajar. Karena pada negara demokratis, bentuk auxiliary state body seperti KPK, disyaratkan ada badan pengawas yang independen, MA dengan KY, Polri dengan Kompolnas, Kejaksaan dengan Komjak,” tegas Untung Yoga.

Dia mengaku juga mendapatkan informasi bahwa KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi dinilai tebang pilih.

“Kalau ini benar, KPK mengkorupsi korupsi,” tandas mantan Wakil Irwasum Mabes Polri tersebut.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer