Connect with us

Mancanegara

Seorang Petani di Austria Dibui Karena Akibatkan Lebah Mati

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

VIENNA – JARRAK.ID – Seorang petani buah di Austria akhirnya dijatuhi hukuman penjara, setelah diketahui menyebabkan kematian bagi koloni lebah.

Sebagaimana dilansir AFP pada Kamis, (27/09/2018), pria berusia 47 tahun itu dianggap menyebarkan insektisida kuat yang disebut klorpirifos di atas pohonnya di daerah Lavanttal di provinsi Carinthia, pada saat bunga mereka masih menarik lebah. Akibatnya, lebih dari 50 koloni lebah mati.

Akhirnya Pengadilan kota Klagenfurt menemukan petani buah itu bersalah karena ‘dengan sengaja merusak lingkungan’.

Si petani dijatuhi hukuman 1 tahun bui. Ia juga diwajibkan membayar denda 20.000 Euro sebagai kompensasi.

Melalui hukuman tersebut, pengadilan berharap dapat dijadikan pelajaran bagi orang lain bahwa ‘penggunaan pestisida perlu untuk menyeimbangkan antara lingkungan dan ekonomi’.

Penggunaan pestisida secara luas telah disalahkan karena peningkatan tajam dalam kematian di antara lebah dan serangga penyerbuk lainnya. Pada bulan April, Uni Eropa memutuskan untuk melarang penggunaan pestisida tertentu dari keluarga neonicotinoid yang disalahkan karena membunuh populasi lebah.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer