Connect with us

Politik

Semua Anak Soeharto Gabung Berkarya, Golkar: Mustahil Mereka Bisa Bertahan

JARRAK.ID

Published

on

Keluarga Cendana (Foto: Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – Semua anak presiden RI Ke-2, Soeharto diketahui telah solid merapat bersama Saudaranya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto di Partai Berkarya.

Kabar itu semakin dikuatkan dengan beredarnya sebuah foto yang menunjukkan kebersamaan mereka semua.

Menaggapi hal tersebut, Partai Golkar yang di masa Soeharto punya hubungan cukup mesra itu mengaku pesimis jika partai yang baru saja dibentuk itu mampu bersaing dalam kontestasi Pileg 2019 mendatang.

Ia menilai Partai Berkarya hanya mengandalkan ingatan masa lalu publik terhadap Soeharto padahal antara Soeharto dan Berkarya menurutnya tak ada afiliasi apapun.

“Partai Berkarya sulit bersaing dengan partai lain termasuk Golkar. Partai sulit bersaing hanya mengandalkan ingatan masa lalu tentang tokoh yang sebenarnya tidak bersambung langsung dengan partai tersebut,” kata Wasekjen Golkar Sarmuji saat dihubungi, Sabtu, (21/07/2018).

Sarmuji lantas memberikan kalkulasi politik Berkarya. Ia berpendapat jika nasib partai Berkarya tak ubahnya nasib Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB). Ia menuturkan kalau partai yang pernah didirikan oleh Siti Hardiyanti Indra Rukmana (Tutut) itu kini sudah tak ada baunya lagi.

Sarmuji berkesimpulan bahwa sebenarnya PKPB adalah cerminan kekuatan keluarga Cendana meskipun kini muncul partai dengan nama baru yaitu Berkarya.

“Apalagi eksperimen politik keluarga Cendana sebenarnya sudah pernah dilakukan melalui PKPB dan ternyata gagal. Partai Berkarya ini tidak kurang dan tidak lebih hanya repetisi dari nasib PKPB karena modalitas politiknya juga tidak melebihi PKPB,” urainya.

Diketahui, trah keluarga Cendana kini kompak bersama-sama berada dalam barisan partai Berkarya.

Anak-anak Soeharto tersebut adalah Sigit Harjojudanto, Siti Hardiyanti Indra Rukmana (Tutut), Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Baca Juga:  Panitia Reuni Akbar 212 Batal Undang Presiden Jokowi

Sebelumnya Titiek adalah anggota partai Golkar. Namun kini ia memutuskan pindah haluan bersama Tommy di Berkarya.

Kini partai besutan Tommy itu menatap Pileg 2019. Ia dan beberapa saudaranya yang lain memutuskan maju sebagai Bacaleg pada Pileg 2019 nanti. Diantara trah Cendana yang maju nyaleg adalah Tommy, Titiek, dan menantu Tutut, Muhammad Ali Reza.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer