Connect with us

Daerah

Selenggarakan Muslub, Organisasi Sumenep Yogyakarta Perkuat Basis Budaya

JARRAK.ID

Published

on

Ketua KMSY terpilih dalam Muslub 2018-2019, M. Waris (Kiri)/Doc. JARRAK

YOGYAKARTA – JARRAK.ID – Demi membentuk kader pengurus yang militan dan prograsif, Keluarga Mahasiswa Sumenep Yogyakarta (KMSY) selenggarakan Musyawarah Luar Biasa (Muslub) Periode 2018-2019 pada Minggu (20/5/2018). Muslub tersebut bertempat di Lembaga Kajian Islam dan Sosial, Sorowajan, Banguntapan, Bantul, dengan mengusung tajuk “Sumenep Andhap Asor”.

Ketua Panitia Muslub, Moh. Fathur Rahman, menegaskan, Muslub kali ini dibentuk untuk mengembangkan potensi soisal budaya mahasiswa Sumenep di Yogyakarta. Menurut dia, Muslub selain untuk membentuk strustruasi kepengurusan baru, juga untuk mengenalkan basis budaya Madura.

“Memperkenalkan ragam budaya Madura bagi masyarakat Sumenep secara khusus. Muslub juga diharapkan untuk menjaring kepengurusan baru untuk kepemimpinan KMSY periode depan,” ujar Fathur melalui siaran resminya, Senin (21/5/2018).

Fathur menjelaskan, Muslub diharapkan mampu mendorong semangat mahasiswa dan kalangan terpelajar Sumenep di Yogyakarta untuk merwat identitas dan local wisdom. Dirinya mengaku, pola ini sangat penting untuk menjaga kultur madura, khususnya Sumenep, terus relevan di tengah gempuran gaya modern.

“Organisasi kedaerahan merupakan perhimpunan yang mampu merawat identitas dan kebaragaman bangsa ini. Oleh karena itu, melalui organisasai-organisasi daerah (KMSY) ini selain merawat kebudayaan juga harus mampu memperkenalkan kebudayaan daerahnya di DIY ini,” terang Fathur.

Muslub kali ini memilih M. Waris sebagai formateur baru KMSY Periode 2018-2019 melalui mekanisme konsensus atau musyawarah mufakat seluruh pengurus. Terpilihnya M. Waris sekaligus menyudahi kekososngan kepemimpinan KMSY yang nyaris berlangsung beberapa bulan.

Pada kesempatan itu, M. Waris berharap, mahasiswa Sumenep di Yogyakarta memapu menjaga keragaman kebudayaan di Indonesia melalui penguatan ideologi Pancasila. Bagi Waris, organisasi daerah ini akan juga fokus pada kajian pengembangan budaya dan kesejahteraan masyarakat Sumenep.

Baca Juga:  Gubernur Aceh Segera Diterbangkan ke Jakarta Pasca Terjaring OTT KPK

“Organisasi ini akan jadikan sebagai organisasi yang konsen pembahasannya mengenai aspek kebudayaan dan mengkaji aspek kesejahteraan yang terjadi daerah sumenep tanpa terkecuali,” pungkasnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer