Connect with us

Elektoral

Sekjen Demokrat Bicara Masa Depan Poros Ketiga dalam Pilpres 2019

JARRAK.ID

Published

on

Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan menegaskan wacana pembentukan poros ketiga belum berakhir. Hinca yakin poros ketiga memiliki peluang yang besar untuk terbentuk karena ingin menciptakan alternatif pilihan dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Poros ketiga belum pernah mati, masih hidup tuh. Bisa jadi poros ketiga jadi alternatif pilihan ketika situasi menjadi,” ujar Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu, (19/05/2018).

Menurut Hinca yang sangat menentukan pembentukan poros ketiga adalah hasil Pilkada 2018. Hasil pilkada diyakini Hinca dapat mengubah peta politik tanah air sehingga komposisi koalisi Pemilu 2019 juga akan berbeda.

Hinca menjelaskan, hasil pilkada akan dijadikan ukuran bagi setiap partai politik dalam melihat peta politik tanah air, sekaligus merumuskan berbagai strategi politik untuk mendapatkan dukungan masyarakat.

“Sangat bergantung nanti 27 juni setelah pilkada. Ada enggak korelasi langsung pilkada dengan pilpres, ada. Karena 74 persen pemilih pilkada kali ini, adalah pemilih Pilpres. Dan 17 gubernur. Setengah dari republik ini,” papar Hinca.

Selain itu, lanjut Hinca, faktor lain yang menentukan terbentuknya poros ketiga adalah perebutan calon wakil presiden di poros-poros partai. Menurut dia, jika ada partai yang kadernya tidak dipilih oleh salah satu kandidat capres, kemungkinan akan berubah sikap.

“Semua berebut jadi wapres. Kalau enggak dipakai, kan wapres cuma satu sementara yang minta banyak, kira-kira masih terus enggak dia itu. Karena itu sangat mungkin ini yang ketiga,” jelas Hinca.

Ia menambahkan, Demokrat akan terus melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai terkait poros ketiga. Komunikasi dilakukan kepada partai yang belum menentukan sikap seperti PKB dan PAN, maupun ke partai yang telah menentukan sikap seperti Gerindra dan PKS.

Baca Juga:  Begini Cara Kerja Tim Media Sosial Prabowo-Sandiaga Uno

“Masih terus. Baik dengan PKS, PKB, PAN, sekarang mulai lagi dengan Gerindra ngobrol dan itu normal. Dengan partai-partai lain juga kita ngobrol,” tandas Anggota Komisi III DPR ini.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer