Connect with us

Politik

Sekjen Alumni Al Azhar Indonesia Sebut TGB Dukung Jokowi Karena Tafsirkan Petuah Ini

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur NTB, TGB Muhammad Zainul Madji (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gunernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGB Mohammad Zainul Majdi membuat keputusan mengejutkan dengan mendukung Jokowi di 2019. Entah apa alasan TGB tersebut, pasalnya selama ini TGB dikenal sering berseberangan dengan Jokowi dan bahkan partainya yaitu Demokrat belum resmi akan berlabuh kepada kubu Prabowo atau Jokowi.

Menurut  Sekretaris Jenderal Alumni Al Azhar Mesir Cabang Indonesia, Muchlis, ada kemungkinan alasan TGB mendukung Jokowi setelah melakukan penafsiran atas petuah Grand Shaikh Al Azhar Ahmad Muhammad ath-Thoyyib.

TGB diketahui merupakan Ketua Alumni Universitas Al Azhar Mesir Cabang Indonesia. Terkait petuah yang dimaksud, Muchlis menyebutkan kalau Syaikh ath-Thoyyib saat berkunjung ke Indonesia pada Mei lalu pernah berpesan kepada TGB agar beliau selalu mengambil peran sejalan dengan prinsip tengahan.

Menurut Mukhlis, besar kemungkinan kalau TGB memutuskan mendukung Jokowi lantaran yang bersangkutan telah melakukan penafsiran atas petuah tersebut.

“Itu (dukungan TGB) setelah pemikiran cukup panjang. Saya pribadi mendukung pilihan tersebut, seperti yang disampaikan oleh Grand Shaikh Al Azhar saat berkunjung ke Indonesia, berpesan kepada TGB, ‘apapun posisi kamu, harus berperan atau mengambil peran sejalan dengan prinsip tengah-an’,” ujar Muchlis, Jumat, (06/07/2018).

“Tentu beliau (TGB) punya tafsiran tersendiri tentang sikap atau pandangan yang dinilai moderat dalam situasi politik di tanah air sekarang ini,” lanjut Muchlis.

Sikap TGB yang memutuskan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang menurut Muchlis tak jadi persoalan. Selain karena memang itu keputusan pribadi dan hak masing-masing, Muchlis juga meyakini TGB punya pertimbagan tersendiri. Sehingga Ia tetap mengpresiasi apapun keputusan yang diambil oleh TGB.

Meski demikian Muchlis menyatakan kalau keputusan TGB tersebut tak mewakili sikap politik Alumni Al Azhar Indonesia secara keorganisasian

Baca Juga:  AHY Optimis Dirinya Masih Punya Kans ikut Pilpres 2019

“Jadi, statement beliau, TGB adalah kapasitas sebagai pribadi bukan sebagai ketua umum ikatan alumni Al Azhar,” tegas Muchlis.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer