Connect with us

Politik

Sejumlah Nama Kondang Tak Masuk, Ini Alasan Menag Cuma Rekomendasikan 200 Nama Mubalig

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Dari 200 nama mubalig atau penceramah yang dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) masih memicu pro dan kontra. Pasalnya, dari nama-nama tersebut, para pencemarah kondang seperti Ustad Abdul Somad, Adi Hidayat hingga K. Tengku Zulkarnain (Wasekjen MUI Pusat) tidak masuk dalam daftar.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menegaskan jika dari 200 nama yang dirilis hanya berifat sementara, sehingga masih terbuka kesempatan untuk ada perubahan; baik penambahan maupun pengurangan, termasuk munculnya nama-nama baru.

“Ini rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak,” ujar Lukman di Jakarta, Jumat, (18/05/2018).

Mantan Wakil Ketua MPR itu menegaskan, lahirnya keinginan untuk mengeluarkan daftar mubalig yang direkomendasikan berawal dari aspirasi yang disampaikan masyarakat. Mereka kata Lukman, selalu menanyakan nama-nama penceramah yang layak memberikan nasehat.

“Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi muballig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama muballigh,” terang Lukman.

Menurut Lukman, nama yang masuk dalam daftar sudah memenuhi tiga kriteria pokok; mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

“Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut. Artinya bersifat dinamis dan akan kami update terus secara resmi,” kata Lukman.

Lukman berharap rilis daftar nama muballig ini bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses para penceramah yang mereka butuhkan. “Langkah ini diharapkan memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi Kemenag,” pungkas Lukman.

Baca Juga:  Partai Demokrat Bentuk Badan Khusus Pilkada 2018

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer