Connect with us

Daerah

Sebut Pengungsi Jadi Beban Pemerintah, Wiranto Minta Maaf Kepada Tokoh Maluku

JARRAK.ID

Published

on

Menko Polhukam, Wiranto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menko Polhukam, Wiranto meminta maaf kepada sejumlah tokoh Maluku menyusul pertanyaannya soal ‘pengungsi jadi beban pemerintah’.

“Beberapa hari yang lalu saya sampaikan masalah pengungsi, yang saya sudah jelaskan panjang lebar dan mendapat tanggapan yang cukup ramai di media sosial,” kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (04/10/2019).

“Dalam kesempatan ini, saya sampaikan bahwa kalau ada ucapan dan kalimat yang saya sampaikan, apabila dirasa mengganggu masyarakat Maluku dan menyakiti hati dan sebagainya, itu pasti bukan karena saya sengaja untuk menyakiti hati dan menyinggung perasaan masyarakat Maluku. Tapi kalau ada yang tersinggung dan sakit hati, secara tulus saya minta dimaafkan,” sambungnya.

Menurut dia, saat ini yang paling penting adalah fokus pada penanganan korban gempa bumi di Ambon.

“Dari laporan yang saya terima, masih ada saudara yang masih tinggal di hutan, gunung masih takut gempa susulan dan tsunami. Padahal laporan lembaga resmi terkait masalh antisipasi sudah tidak ada informasi itu,” ucapnya.

Dia mengatakan pemerintah berkewajiban memfasilitasi para pengungsi untuk kembali ke rumahnya masing-masing. Jika tetap di pengungsian, hidup warga dikhawatirkan makin sulit.

“Sehingga kewajiban kita, pemerintah, untuk bisa kembali ke rumah masing-masing karena tempat pengungsian jauh dari pemukiman, penyakit bisa menyebabkan satu hal yang lebih sulit bagi para pengungsi,” ujar Wiranto.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer