Connect with us

Other

Sebelum Brunei, Sembilan Negara Ini Lebih Dulu Terapkan Hukuman Mati Bagi LGBT

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Brunai Darussalamam resmi memberlakukan hukuman rajam atau hukuman mati bagi pelaku seks menyimpang atau LGBT.

Sontak keputusan ini mengundang sejumlah reaksi dari berbagai kalangan. Mereka ramai ramai protes terhadap kebijakan yang dianggap diskriminatif.

Bahkan akibat dari gelombang protes, 9 hotel milik Sultan Brunai, Hassanal Bolkiah di berbagai negara juga ikut diboikot.

Kendati demikian, Brunai bukan satu-satunya negara yang menerapkan hukuman mati bagi pelaku LGBT.

Menurut laporan State Sponsored Homophobia tahun 2019, tercatat ada 70 negara PBB yang mengkriminalisasi LGBT.

Hanya saja, tak banyak yang terang-terangan melarang LGBT seperti Brunei. Adapun, tahun lalu situs perusahaan asuransi Travel Insurance Direct merilis daftar negara yang memberlakukan hukuman mati bagi kaum LGBT selain Brunei.

1. Afghanistan
2. Iran
3. Mauritania (Berlaku untuk pria muslim)
4. Sudan
5. Nigeria
6. Yaman
7. Arab Saudi
8. Qatar (Berlaku untuk umat muslim)
9. Somalia

Faktanya, kesembilan negara yang menerapkan hukuman mati pada kaum LGBT, di luar Brunei, adalah negara yang memiliki mayoritas umat muslim. Terlepas dari lokasinya yang berada di Benua Afrika dan Timur Tengah.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Menteri Perdagangan Soal Impor Beras 2 Juta Ton

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer