Connect with us

Politik

SBY: Insya Allah Indonesia Tidak Akan Bubar

JARRAK.ID

Published

on

SUKABUMI – JARRAK.ID – Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) optimistis bahwa Indonesia tidak akan bubar pada 2030. Sebab, seluruh komponen bangsa tetap memegang teguh komitmen untuk mempertahankan sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

SBY yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD) berharap agar kemajemukan di Indonesia senantiasa terjaga.

“Jika kemajukan negeri ini dijaga, insyaallah Indonesia tidak akan bubar. Mari kita bersama-sama memelihara kerukunan bangsa,” kata SBY.

Hal tersebut disampaikan SBY saat bersilaturahmi dengan sejumlah komunitas masyarakat di Gedung Juang 45, Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Minggu (25/03/2018).

Untuk diketahui, Ketum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto mengungkap mengenai kemungkinan Indonesia akan bubar pada 2030. Prabowo mengacu sebuah novel berjudul ‘Ghost Fleet’ karya Peter W Singer dan August Cole.

SBY menegaskan, rumor Indonesia bubar itu dapat diatasi. Asalkan, semua rakyat saling memelihara kerukunan. Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan kerjasama dengan negara-negara sahabat.

Ketika menjabat presiden, dirinya pernah meneken naskah perjanjian kerjasama dengan Australia.

“Karena ada rumor saat itu yang menyebut Australia berada di belakang gerakan Papua merdeka. Dengan kerjasama itu kita sepakat untuk tidak saling ganggu dan campuri urusan dalam negeri masing-masing,” tegas SBY.

Ditambahkan, semangat nasionalisme sepatutnya ditumbukan di tengah masyarakat.

“Tak cukup dengan teriak sana sini NKRI harga mati, pakai kaos dan ikat kepala, itu hanya retorika, kita butuh lebih dari itu,” imbuh SBY.

SBY meminta agar tak ada pihak yang membenturkan Islam dengan Pancasila. Pandangan kelompok tertentu yang seolah-olah mengaku paling NKRI, sementara pihak lain tidak, harus dihilangkan.

“Ini tidak benar. Kita semua sama, jangan dikotak-kotakkan. Jika kerukunan ini bisa dijaga dan keutuhan dapat dipelihara, dengan izin Allah, Indonesia akan tetap utuh, tak akan terpecah-belah,” ucap SBY.

SBY menuturkan, Indonesia mempunyai beraneka ragam agama, suku, etnis maupun budaya. Kemajemukan tersebut, lanjutnya, rahmat Allah yang berpotensi menjadi sumber kekuatan. Namun demikian, pada sisi lain, perbedaan itu dapat menimbulkan perpecahan.

SBY juga mengajak pemimpin bangsa, tokoh agama dan seluruh rakyat saling menghargai dan menjunjung toleransi. “Jangan sampai terjadi lagi perpecahan, konflik komunal, pemberontakan, kudeta, dan separatis,” tandas SBY.

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer