Connect with us

Daerah

Saut Situmorang Sebut Orang Tak Berintegritas Tidak Akan Lama di KPK

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan 20 nama yang dinyatakan lolos sebagai Capim KPK periode 2019-2023.

Ia meyakini bahwa orang yang tidak memiliki integritas tidak akan bertahan lama di KPK.

“Orang di KPK yang integritasnya terganggu ya enggak akan lama, percaya deh. Dia enggak bisa bertahan lama,” kata Saut di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi, Jakarta, Sabtu, (24/08/2019).

Saut menegaskan jika pengawasan di KPK sangat ketat. Semuanya kata dia bisa sama-sama saling mengawasi, baik pimpinan dan bawahan.

“Pegawai KPK sampai kiamat akan seperti itu, pimpinannya dikritik, ditantang, dan itu perintah undang-undang. Itulah integritas di KPK,” kata dia.

Di sisi lain, pengawasan dari masyarakat sipil kepada KPK juga tak bisa disepelekan. Menurut Saut, bila KPK mulai melenceng, maka masyarakat sipil pasti langsung bersuara. “Walaupun dia punya rekam jejak (buruk), lalu ke dalam, pasti dia mikir-mikir,” kata Saut.

Sebelumnya, panitia seleksi capim KPK mengumumkan 20 nama yang lolos tahap profile assessment. Menurut catatan KPK yang diberikan pansel, di antara nama itu ada yang punya catatan bermasalah, mulai dari tidak patuh membuat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dugaan pernah menerima gratifikasi, melakukan pelanggaran etik dan menghambat kerja KPK memberantas korupsi.

Data itu telah diberikan KPK kepada pansel untuk menjadi acuan dalam seleksi. Anggota pansel Hendardi mengatakan telah menerima data tersebut. Menurut dia ada data yang sudah terbukti kebenarannya dan ada yang masih indikasi. Untuk yang masih indikasi, kata dia, pansel bakal mendalami dugaan tersebut di tahap selanjutnya.

“Kalau temuannya memiliki kekuatan hukum tetap tentu tidak ada toleransi,” kata dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer